Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Kehidupan

Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Kehidupan. gambar isti

NASIONAL – Menurut World Health Organization (WHO) pola hidup sehat adalah cara hidup yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit. Tidak semua penyakit dapat dicegah, namun dengan menerapkan pola hidup sehat dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kritis.

Selama Anda teratur menerapkan gaya hidup sehat, kualitas hidup dan kualitas kesehatan akan menjadi lebih baik. Tubuh yang sehat akan membantu suasana hati, pikiran menjadi lebih tenang dan produktif. Dengan demikian, dapat membuat anda menjalani aktivitas dengan lancar tanpa ada hambatan. Suasana hati yang baik juga dapat menimbulkan energi positif di tubuh Anda yang dapat tersebar ke sekitar Anda.

Kesehatan tidak hanya mengacu pada fisik yang bugar, tapi juga kesehatan mental dan sosial. Berdasarkan Harvard Medical School, seseorang dapat dikatakan memiliki gaya hidup yang baik jika mengonsumsi makanan sehat, melakukan kegiatan fisik secara rutin, tidak merokok, dan memiliki berat badan ideal.

Gaya hidup yang sehat akan membuat seseorang merasa dirinya memiliki aura yang baik dan hal inilah yang akan menunjang kesehatan mental serta sosial seseorang.

Beberapa faktor dapat mempengaruhi seseorang menjalani gaya hidup sehat, antara lain kualitas udara, sinar matahari, dan air. Beraktivitas di ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang baik dan berada di daerah dengan polusi udara tinggi dapat mengganggu asupan oksigen pada tubuh.

Sedangkan sinar matahari dapat membantu tubuh mendapatkan vitamin D yang baik untuk tulang. Pastikan juga air di sekitar Anda berkualitas baik dan tidak terkontaminasi limbah. Jika ketiga faktor itu terpenuhi dan diimbangi dengan menerapkan gaya hidup yang tepat, maka tujuan pola hidup sehat dapat tercapai dengan mudah.

Manfaat menerapkan pola hidup sehat (Berdasarkan artikel kementerian kesehatan tentang pola hidup sehat dalam keluarga)

Mengurangi Stres

Pola hidup sehat tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik. Dalam otak, terdapat beberapa bagian yang dapat mengatur mood. Dengan mood yang baik, semangat untuk beraktivitas akan meningkat, tidur lebih berkualitas, serta kemampuan untuk fokus terhadap suatu hal pun menjadi lebih baik. Menerapkan pola hidup sehat juga dapat mengurangi tingkat stres.

Meningkatkan Energi

Pola hidup sehat identik dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta olahraga teratur yang secara langsung dapat membantu peningkatan energi. Olahraga akan membantu melepaskan endorfin.

Endorfin, selain dapat membuat perasaan lebih baik, juga dapat membantu meningkatkan energi.

Mengurangi Risiko Terkena Penyakit

Menjaga pola makan serta aktif berolahraga merupakan kunci pola hidup sehat. Dengan paduan tersebut, risiko beberapa penyakit, seperti diabetes, jantung, stroke dan hipertensi dapat dihindari.

Menjaga Produktivitas

Menganut pola hidup sehat akan berdampak pada meningkatnya produktivitas. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Population Health Management pada tahun 2012 menyatakan bahwa mengonsumsi makanan kurang sehat dapat meningkatkan resiko penurunan produktivitas hingga sebesar 66%.

Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Pola hidup sehat dapat dimulai dengan hal simpel sekalipun, misalnya dengan sarapan pagi untuk membantu proses metabolisme, mengganti makanan yang mengandung gula berlebihan serta soda dengan buah ataupun air putih. Dalam jangka panjang, kebiasaan baik ini akan membawa dampak baik bagi tubuh, yaitu menjaga stabilnya berat badan. Selain berat badan, kesehatan gigi, kulit, serta kuku juga dapat meningkat apabila menjalani pola hidup sehat.

Untuk mengimplementasi pola hidup sehat, Anda bisa sesuaikan dengan minat yang dimiliki sehingga menjalaninya terasa lebih menyenangkan. Berikut ini 5 contoh pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

  1. Mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang
  2. Minum air putih minimal 2 liter sehari
  3. Rajin berolahraga
  4. Menjaga kebersihan tubuh
  5. Istirahat yang cukup setiap malam

Dengan demikian, memiliki pola hidup yang sehat sangatlah penting karena dapat menunjang kesehatan, baik fisik maupun mental seseorang dan dapat menghasilkan energi positif yang tentunya baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Penulis: Firza Nintia Maharanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *