Penyebab Kurangnya Rasa Percaya Diri Pada Seseorang

Penyebab Kurangnya Rasa Percaya Diri Pada Seseorang. FOTO: ISTIMEWA

NASIONAL – Percaya diri adalah suatu keyakinan pada diri sendiri bahwa dirinya mempunyai kemampuan atau potensi. Faktor dari dalam diri individu (diri sendiri) sangat penting, karena sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan hidup serta dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Pada hakikatnya manusia itu memiliki rasa percaya diri, namun rasa percaya diri yang mereka miliki berbeda antara orang yang satu dengan yang lain.

Pada saat seseorang masih kecil sebenarnya dirinya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, namun rasa percaya diri itu seketika bisa hilang dari diri seseorang yang disebabkan beberapa faktor dan yang paling utama adalah adanya trauma masa kecil.

Dimana trauma ini sangat mempengaruhi kurangnya rasa percaya diri pada seseorang karena tanpa disadari, ada beberapa aspek kehidupan masa kecil yang melukai hati seseorang. Sehingga trauma ini akan tetap dirasakan saat dewasa. Maka dari itu, trauma masa kecil tidak bisa disepelekan begitu saja, karena bisa mempengaruhi rasa tidak percaya diri seseorang di masa depan.

Selain itu, kurangnya rasa percaya diri bisa disebabkan oleh sugesti negatif pada diri sendiri dimana seseorang memiliki sugesti atau seolah kita sedang memerintah diri kita sendiri kalau kita tidak mampu untuk melakukan sesuatu, yang akhirnya akan menekan semangat diri sendiri untuk melakukan sesuatu. Seperti contoh,

Mahen ingin mengikuti lomba menyanyi tetapi dia memiliki sugesti yang tidak baik yaitu dia berpikiran kalau suaranya itu tidak bagus dan dirinya malu untuk tampil di depan banyak orang karena hal itu dia tidak memiliki rasa percaya diri untuk mengikuti lomba tersebut.

Lalu penyebab lain kurangnya rasa percaya diri yaitu, lebih percaya dan terlalu memikirkan omongan orang lain yang tidak baik terhadap diri seseorang. Pastinya banyak diantara kita yang pernah merasakan sakit hati akibat omongan orang lain dan terkadang ada perkataan orang lain bisa menjatuhkan mental seseorang dimana mereka tidak tau kalau perkataan mereka itu menyakitkan hati seseorang dan dengan perkataan yang mereka ucapkan membuat rasa percaya diri seseorang itu menjadi rendah.

Oleh karena itu, jangan terlalu memikirkan omongan orang lain, karena yang menjalankan hidup yaa kita sendiri bukan mereka.

Penjelasan diatas kurang lebihnya adalah penyebab yang menurut saya dapat berpengaruh sekali menimbulkan kurangnya percaya diri. Dimana rasa kurang percaya diri ini bukan sebenarnya dari kita sendiri namun disebabkan oleh banyaknya faktor-faktor.

Kita harus bisa melawan apa yang menjadi penyebab kurangnya percaya diri jangan kita biarkan, karena dengan kita memiliki rasa percaya diri yang tinggi maka kita akan menjadi maju dan sukses ke depannya. Selain itu, kita sebagai makhluk sosial yang dimana kita harus saling berinteraksi antar sesama manusia kita harus mempunyai rasa percaya diri agar kita bisa berinterksi antar sesama dan bekerja sama dalam memajukan dunia.

Kurangnya rasa percaya diri ini bisa diatasi diantaranya yaitu : Berpikir positif tentang diri sendiri, berhenti membandingkan diri dengan orang lain, buat banyak prestasi, jangan takut mengambil tantangan, terbuka pada kritik yang membangun, beranikan diri berbicara dengan orang lain dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kita harus semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan meningkatkan rasa percaya diri kita agar nantinya kita dapat memajukan negara Indonesia ini menjadi negara yang maju.

Penulis: Nabila Zahratul M

crackthunder.com

fullwarezcracks.com

techiedownloads.com

usecrack.com

imagerocket.net

techbytecode.com

pspdev.org

takwin.info

in-kahoot.com

Komentar