Jangan Malas Mencuci Tangan Agar Hidup Sehat

Jangan Malas Mencuci Tangan Agar Hidup Sehat.FOTO: ISTIMEWA

NASIONAL – Sebagian orang masih menyepelekan manfaat cuci tangan. Padahal, tangan adalah salah satu pintu masuk dari berbagai penyakit dari virus dan bakteri yang tidak dapat dilihat (tak kasat mata). Ada sejumlah alasan yang menyebabkan orang malas mencuci tangan, mulai dari gaya hidup yang buruk hingga akses yang tak memadai.

Kepedulian pada kebersihan ini mencakup cuci tangan. Sebagai Orang tua, pengasuh, dan guru punya tugas besar untuk mengenalkan dan membiasakan cuci tangan kepada anak sejak dini. Cuci tangan seharusnya diajarkan setiap sebelum dan setelah makan, atau setelah buang air besar dan buang air kecil, setelah bermain, dan sesaat setelah masuk ke rumah. Selain faktor karena sudah terbiasa, informasi dan pemahaman mengenai soal kebersihan dan cuci tangan juga dinilai masih kurang yang berakhir banyak orang yang menganggap cuci tangan itu tidak penting.

Di sisi lain, alasan orang malas atau bahkan tak mencuci tangan sama sekali adalah karena tidak memiliki akses pada sanitasi dan air bersih. Data USAID menyebut 82 persen penduduk Indonesia kesulitan mengakses air perpipaan.

Terkadang aktivitas sehari-hari yang membuat tangan selalu bersentuhan dengan benda-benda, dimulai dari pulpen, keyboard ,computer, gagang pintu dan benda-benda lainnya. Sementara itu, kita tidak pernah tahu apakah benda-benda yang sering kita pegang tersebut bebas dari kuman dan virus? Nah, untuk mencegah bakteri atau virus berpindah ke dalam tubuh, ada baiknya kita membiasakan untuk melakukan cuci tangan, khususnya sebelum dan sesudah makan.

Manfaat mencuci tangan untuk kesehatan memang sudah diakui efektif membunuh kuman dan virus . Namun, masih banyak orang yang enggan melakukannya. Padahal, Penyakit infeksi umumnya menyebar melalui kontak tangan ke tangan, termasuk demam biasa yang disebut dengan common cold,flu dan beberapa kelainan sistem pencernaan seperti diare. Sungguh rugi bukan jika kita tidak malas mencuci tangan,apalagi untuk si kecil yang rentan dan sedang aktif pada lingkungannya

Cuci tangan dengan langkah-langkah sampia 7 kali merupakan cara membersihkan tangan sesuai prosedur yang benar untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Dengan membiasakan mencuci tangan anda menggunakan sabun baik sebelum makan ataupun sebelum memulai pekerjaan, itu akan menjaga kesehatan pada tubuh anda dan mencegah penyebaran penyakit yang menempel di tangan. Bagaimana langkah cuci tangan yang benar?

Dibawah ini Cara Cuci Tangan 7 Langkah Pakai Sabun Yang Baik dan Benar

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

Pada saat mencuci tangan disarankna sekali untuk menggunakan sabun khusus cuci tangan yang berbentuk batang maupun cair karena untuk kebersihan tangan yang maksimal.

Dibawah ini juga ada beberapa masalah yang terjadi akibat malas cuci tangan, ada 5 yaitu :

  1. Diare

Masalah pada kesehatan yang paling sering dijumpai itu karena malas cuci tangan pakai sabun adalah diare.Banyaknya bakteri di tangan ikut masuk ke dalam tubuh bersama makanan yang dikonsumsi.

  1. Keracunan makanan

Tangan yang kotor dipenuhi kuman, bakteri, dan virus dapat mengontaminasi makanan yang kita konsumsi. Biasanya ada dan menempel pada makanan-makanan bernutrisi yaitu seperti sayur, buah, daging, dan beberapa makanan lainnya. Kalau sudah begitu, semua makanan yang seharusnya memberikan nutrisi pada tubuh akan sia-sia, dan akan ‘menyerang balik’ kita dengan diare atau muntah.

  1. Mudah terkena pilek

Tangan merupakan salah satu sumber utama yang dapat menjadi penularan kuman, virus, dan bakteri. Kebiasaan malas cuci tangan itu akan membuat memberi kesempatan untuk virus dan bakteri saling berpindah dan memicu terjadinya pilek.

  1. Hepatitis A

Masalah kesehatan selanjutnya adalah Hepatitis A. Penyakit Hepatitis A termasuk membahayakan untuk tubuh dan dapat menyerang siapa saja. Penyakit Hepatitis A dapat terjadi karena adanya virus juga bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia dan dapat menyerang hati manusia yang malas mencuci tangan.

  1. Impetigo

Impetigo adalah salah satu infeksi menular yang kerap terjadi pada anak-anak. Penyebabnya itu karena malas mencuci tangan pakai sabun. Ada beberapa tanda-tanda seseorang saat terkena impetigo, itu ditandai dengan tanda-tanda seperti kulitnya mengalami kemerahan hingga dapat menjadi luka.

Tentunya hal tersebut sangat rentan dialami oleh anak,maka dari itu dibawah ini ada beberapa solusi agar anak tidak mlas mencuci tangan. Sebagai orang tua pun kita juga harus menyadari bahwa sebelum memberi tahu,kita hraus mencontohkan terlebih dahulu.

Solusi untuk anak agar tidak malas mencuci tangan ada beberapa, yaitu

  • Beri Pemahaman tentang Pentingnya Mencuci Tangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan bunda yaitu menjelaskan bagaimana pentingnya mencuci tangan dengan benar dan berikan pemahaman sederhana bagaimana mencuci tangan itu dapat mencegah badan terserang penyakit.

  • Ajak Anak Mencuci Tangan Bersama-sama

Selanjutnya adalah berikan anak contoh. Tentunya anak-anak merupakan sosok peniru yang ulung. Sehingga dengan kita memberikan contoh bagaimana cara mencuci tangan yang benar, anak-anak akan dengan mudah mengikutinya. Ajak si kecil mencuci tangan bersama bunda dan tunjukkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar dibawah air mengalir dan menggunakan sabun hingga tangan bersih dan bebas dari kuman.

  • Pilih Sabun dengan Aroma yang Anak Sukai

Sebelum mencuci tangan menggunakan sabun kita harus tahu dulu apa aroma yang seringkali si kecil suka dan membuat anak menjadi tertarik.. Aroma buah seperti strawberry, apel, jeruk, hingga melon yang menyegarkan akan membuat si kecil menyukai kegiatan ini. Selain arom kita juga perlu memperhatikan dan memilih sabun dengan kandungan moisturizer agar tangan si kecil tidak kering dan iritasi ya, Bunda.

  • Buat Mencuci Tangan Jadi Momen Menyenangkan

Ini yang penting dilakukan, Bunda. Jadikan kegiatan mencuci tangan menjadi menyenangkan untuk si kecil agar si kecil tidak mudah bosan ,dan malas mencuci tangan. Pada saat mencuci tangan, sebaiknya bunda dapat mengajak si kecil bernyanyi bersama atau mengajakny bercanda. Apalagi saat ini banyak lagu anak yang menggunakan lirik mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.

  • Konsisten Saat Memberi Tahu Anak Kapan Saja Harus Mencuci Tangan

Sebagai orang tua kita harus banyak bersabar dan jangan bosan selalu mengingatkan anak untuk mencuci tangan ya. Temani prosesnya karena anak itu memerlukan waktu untuk membiasakan dirinya mencuci tangan usai beraktivitas karena tak instan. Biasanya, anak akan mencuci tangan jika tangannya terlihat kotor. Jadi kita sebagai orang tua harus mendampingi dan terus ingatkan si kecil untuk mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, setelah buang air atau dari kamar mandi, serta usai bermain dengan hewan peliharaan atau setelah bersin.

Kita perlu ingat bahwa cuci tangan gampang,mudah,dan sehat untuk tubuh. Kesehatan tangan sangat penting untuk diri kita dan tubuh kita. Jadi jangan malas mencuci tangan lagi ya setelah tahu cara mencuci tangn yang baik dan akibat bila malas’ mencuci tangan.

Penulis: Elsahara Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *