Bahaya Terlalu Sering Menatap Layar Handphone dan Laptop bagi Pelajar

Bahaya Terlalu Sering Menatap Layar Handphone dan Laptop bagi Pelajar. gambar istimewa

NASIONAL – Handphone (HP) dan laptop membawa banyak manfaat bagi penggunanya. Sayangnya, tak banyaak yang menyadaari dampak negative handphone dan laptop apabila pemakiannya tidak terkontrol dan berlebihan . kebiasaan inilah yang kemudian bisa menimbulkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

Selain sebagai alat komunikasi, handphone dan laptop mempunyai banyak fitur yang dapat dinikmati pengunanya, mulai dari kamera, permainan, hingga akses internet, mengerjakan tugas atau pekerjaan yang mengharuskan kita untuk mengetik.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan yang berlebihan dapat membawa dampak negative bagi kesehatan seseorang.
Perlu diketahui, terdapat beberapa dampak menatap layar terlalu lama bagi kesehatan mata.

Menatapa layar monitor terlalu lama diketahui dapat mengurangi kesempatan mata untuk berkedip, menyebabkan mata kering, pandangan tidak jelas, hingga bisa mengakibatkan migraine pada mata.

Kondisi ini akan semakin buruk, aktivitas berinteraksi dengan layar monitor laptop ataupun handphone yang dilakukan setiap hari dalam jangka waktu yang lama.

Dampak menatap layar terlalu bagi kesehatan mata :

  1. Mengurangi kedipan mata
    Perlu dikatahui, bahwa menatap layar monitor secara terus menerus dapat mengurangi kesempatan mata untuk berkedip. Dimana kelompok mata dipaksa untuk terus terbuka, sehingga secara tidak langsung akan mengurangi jumlah kedipan mataa yang biasanya dilakukan jika tidak menatap layar. Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2015, orang yang mengalami tingkat berkedip lebih rendah dan cenderung tidak menutup mata sepenuhnya ketika berkedip saat dengan menatap layar elektronik. Hal inilah yang bisa menyebabkan otot mata lebih mudah tegang dan produksi cairan mata semakin berkurang.
  2. Mata kering dan muncul sensasi terbakar
    Bukan tanpa alas an, mata berkedip untuk menjaga kelembapan permukaan depan mata. Sehingga, menatap layar terlalu lama dapat mengurangi kelembapan mata dan menyebabkan mata kering hingga muncul rasa panas seperti sensasi terbakar. Dengan begitu, ahli menyarankan untuk meningkatkan kelembapan udara di rumah atau di tempat kerja. Selain itu, anda perlu mencukupi hidrasi tubuh dengan banyak minum air. Di samping itu, usahakan untuk berkedip lebih sering saat sedang bekerja menggunakan laptop atau ponsel.
  3. Pandangan mata tak jelas
    Pantulan cahaya dari layar elektronik yang dilihat dalam waktu lama dapat mengakibatkan penglihatan kabur dan tidak jelas.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar mata lebih rileks saat beraktivitas dan tidak mudah lelah, yaitu ;

  • Atur jarak
    Pastikan jarak layar laptop,computer,gadget, atau buku setidaknya 60 cm dari mata.
  • Gunakan filter layar
  • Istirahatkan mata
  • Atur pencahayaan
  • Lepas lensa kontak jika anda menggunakannya
  • Gunakan kacamata yang sesuai

Penulis: Tasya Nurmadina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *