Bahaya Internet Bagi Anak Remaja

Bahaya Internet Bagi Anak Remaja. gambar istimewa

NASIONAL – Pada era digital pada saat ini Internet rasanya sudah sangat mudah dijangkau dan melekat di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi para kalangan remaja.Pada dasarnya internet mampu membantu banyak meneylesaikan kegiatan manusia seperti pekerjaan, pelajaran dan komunikasi.

Namun pada jejaring internet yang disebut sosial media dan dunia maya pun tidak terlepas dari berbagai hal yang sangat bernilai negatif dan dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap penggunanya.

Pada usia menginjak remaja tentu sangat masih labil dalam hal apapun baik untuk mengambil keputusan dan melakukan apapun, tentu sangat dibutuhkan bimbingan orang tua untuk melakukan banyak hal.

Dampak Postif Internet

Keberadaan internet memberi danpak positif bagi seluruh masyarakat pengguna internet termasuk remaja. Disana mereka dengan cepat bisa mendapatkan informasi, bisa mencarinya dengan menggunaka google atau dengan cara yang lain.

Tetapi kebanyakan remaja menggunaka internet untuk mencari teman chatting, kirim e-mail dan mencari tugas-tugas kuliah atau tugas sekolah.

Berikut adalah beberapa dampak positif penggunaan internet bagi remaja:

  • Mendapatkan informasi lebih maju, pasti akurat dan cepat
  • Memungkinkan kita berkomunikasi jarak jauh, tanpa harus mendatangkan orangnya.
  • Bagi siswa dan mahasiswa bisa mengerjalan tugas di sekolah dengan mudah dan pasti.
  • Berbagai hasil penelitian bisa bertukar informasi hasil penelitian lewat internet.
  • Bisa lebih tahu tentang dunia.
  • Menggampangkan mencari informasi.
  • Lebih mudah untuk memasarkan apa yang kita jual.

Dampak Negatif Internet

Di tengah kehidupan sebagian para kalangan remaja yang mana saat ini internet nampaknya sudah melekat menjadi salah satu jenis kebutuhan pokok.

Namun tentunya tidak semua para remaja yang bisa mengakses atau menggunakan internet dengan baik dan benar tanpa terpengaruh dampak negatifnya. Sebab diluaran sana banyak juga sebagian para remaja yang salah memanfaatkan jejaring internet sehingga menghasilkan dampak yang buruk bagi dirinya dan juga bagi lingkungan disekitar remaja.

Dengan berdasarkan riset yang dikaji secara mendalam ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan apabila tidak bijak dalam menggunakan jejaring internet terutama di kalangan para kalangan remaja, yaitu seperti berikut

  • Bisa memicu adanya perilaku bullying yang terjadi di sosial media.
  • Sangat mudah untuk mengakses konten yang tidak baik seperti pornografi, kekerasan dan lain sebagainya.
  • Terjadi kasus pelecehan, penculikan dan kriminal yang terjadi mulai dari sosial media.

Untuk kalangan remaja benar internet merupakan media yang sangat membantu untuk menyelesaikan berbagai persoalan, namun akan lebih baik jika penggunaan internet para remaja diperhatikan, dibatasi dan diawasi oleh orang tua. Bisa juga memberi pengertian akan hal negatif dan positif dari internet.

Penulis: Syukriyah Mustopa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *