Meningkat Minat Baca Dikalangan Pelajar

Meningkat Minat Baca Dikalangan Pelajar. gambar istimewa

NASIONAL – Mengapa siswa kurang menunjukkan minat membaca? Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya faktor internal yaitu para pelajar belum mempunyai motivasi dan rasa ingin tahunya untuk membaca masih kurang.

Di sisi lain, sebagai faktor eksternal, kurangnya dukungan para pelajar dari orang tua, dan mungkin peran perpustakaan di sekolah tidak sepenuhnya ditunjukkan. Dalam hal ini generasi penerus pasti akan kalah karena tidak tertarik dalam membaca.

Mungkin para pelajar akan mau mulai membaca jika dilakukan upaya meningkatkan minat baca dengan cara yang menyenangkan. Melalui membaca, siswa dipastikan mengetahui banyak hal yang belum diketahuinya, dan membaca juga digunakan untuk berkomunikasi dengan diri sendiri dan orang lain.

Mungkin ada beberapa upaya dalam meningkatkan minat baca pelajar, dengan ini para pelajar bisa menambah ilmu wawasannya dan juga pengetahuannya. Dengan adanya upaya ini bisa meningkatkan kinerja otak para pelajar. Berikut upaya dalam meningkatkan minat baca :

Membangun motivasi seorang pelajar

Untuk meningkatkan minat membaca, para pelajar harus mulai dengan memotivasi diri sendiri untuk membaca. Bisa memotivasi dengan sosok yang di gemari contoh bapak presiden ketiga Indonesia yaitu, B.J. Habibie. Dengan memotivasinya, mungkin kita bisa mengikuti jejaknya.

Membaca buku yang disukai

Para pelajar bisa mulai membaca buku fiksi seperti novel, cerpen, dan buku fiksi lainnya untuk merangsang minat baca para pelajar.

Dengan mulai membaca buku yang disukai para pelajar mungkin bisa lanjut untuk membaca buku pelajaran, ensiklopedia dan non fiksi lainnya.

Jadwalkan waktu yang nyaman untuk membaca

Beberapa orang suka membaca di sekolah atau saat istirahat sekolah di waktu yang senggang, sementara lain aja juga yang suka membaca saat bepergian, sebelum tidur, atau di perpustakaan. Manfaatkan waktu senggang yang kita punya dengan membaca.

Mengembangkan rasa ingin tahu

Minat membaca harus dipicu oleh diri sendiri untuk membangkitkan rasa ingin tahu. Kita harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan tentang segala sesuatu di sekitar kita dan mencari jawaban dari buku. Atau bisa melihat buku di toko buku atau perpustakaan dan bertanya, “Buku ini tentang apa sih?” keingintahuan itu biasanya merupakan motivator yang sangat efektif.

Penulis: Arafah Fatimatuzzahra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *