Urgensi Pendidikan Sekolah Dasar di Masa Depan

Urgensi Pendidikan Sekolah Dasar di Masa Depan. gambar istimewa

NASIONAL – Pendidikan sekolah SD pada dasarnya merupakan pendidikan yang mengedepankan proses pembentukan diri. Setiap aspek yang dijalankan dalam proses pendidikan sekolah SD selalu terkait dengan pembentukan diri.

Pendidikan mengupayakan agar anak didik mengalami perubahan signifikan pada kemampuan dirinya, baik kognitif, afektif, maupun psikomotor.

Anak-anak yang mengikuti proses pendidikan di sekolah SD berasal dari keluarga-keuarga di masyarakat dengan pola kehidupan yang beragam. Keberagaman ini menjadikan adanya friksi antar anak dalam lingkungan pendidikan dan pembelajaran.

Akibatnya, sering terjadi benturan antar pribadi anak. Jika hal tersebut tidak didasari karakter yang baik, maka hal-hal negatif pasti terjadi diantara anak-anak.

Pendidikan di sekolah SD memberikan pendidikan agar sikap dasar yang dimiliki anak-anak dapat diproses sedemikian rupa sehingga tidak berbenturan dengan sikap dasar anak yang lainnya. Seperti kita ketahui, sikap dasar anak-anak adalah tingkat egoisme yang tinggi.

Anak-anak merasa dirinya yang paling penting di antara teman-temannya dan hal tersebut menunjukkan karakter pribadi. Inilah yang dalam proses pendidikan sekolah SD diupayakan agar diarahkan ke kondisi yang fleksibel dan penuh tanggungjawab terhadap masa depan lebih baik.

Sekolah SD adalah sekolah yang mendasari kegiatan pendidikan dasar, yaitu pendidikan yang mengedepankan aspek-aspek dasarnya. Dalam konteksnya, kita memberikan pendidkan dan pembelajaran yang merupakan pengetahuan dasar untuk pengetahuan-pengetahuan yang bakal didapatkan anak-anak di sekolah lanjutan.

Dengan mengikuti pendidikan sekolah SD, maka anak-anak mendapatkan landasan untuk pendidikan dan pembelajaran selanjutnya.

Untuk materi pembelajaran sekolah SD merupakan landasan untuk materi pembelajaran selanjutnya. Anak-anak yang mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah SD pasti mempunyai bekal landasan materi ini.

Selanjutnya, mereka tidak kesulitan saat mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di tingkat selanjutnya.

Pendidikan sekolah SD merupakan landasan utama untuk pendidikan selanjutnya. Oleh karena itulah, maka kita harus membuka kesempatan seluas-luasnya kepada anak usia sekolah SD untuk mendapatkan pendidikan dan pembelajaran sebaik-baiknya. Program wajib belajar harus diterapkan sebaik-baiknya agar tujuan pendidikan tuntas benar-benar tercapai.

Penulis: Namira Alfia Hikma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *