Peranan Gadget dalam Kehidupan

Peranan Gadget dalam Kehidupan. gambar istimewa

NASIONAL – Kehidupan zaman sekarang sangat modern, seperti sekarang dapat dirasakan bahwa teknologi semakin berkembang. Kemajuan teknologi membawa perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia sekarang ini. Manusia dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari sesuai bidangnya dibantu dengan kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi seakan-akan tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan manusia.

Pada zaman ini, teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan manusia. Ada banyak macam bentuk teknologi zaman sekarang yang dapat dijumpai, dari yang berbentuk besar hingga berbentuk kecil. Salah satu teknologi yang populer yang dimiliki hampir semua orang adalah gadget. Gadget seolah-olah barang yang paling penting yang semua manusia pasti punya.

Pengguna gadget tidak hanya di kalangan dewasa dan remaja saja, bahkan anak usia dini pun sudah mahir bermain gadget. Manusia dapat bermain dengan gadgetnya hampir seharian penuh, tidak sedikit manusia yang bermain gadget hanya satu atau dua jam saja.

Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan melalui gadget, dapat membantu pekerjaan, membantu mencari informasi, bahkan dapat membantu silahturahmi.

Tentu penggunaan gadget tidak hanya untuk bermain game saja, banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan dalam gadget, lain hal dengan anak usia dini. Tidak sedikit manusia kecanduan jika sudah dengan gadgetnya, seakan-akan lupa akan hal dunia lainnya yang lebih penting.

Gadget yang sering sekali tidak terkontrol penggunaannya dapat membawa dampak buruk bagi penggunanya dan memberikan banyak hal negatif untuk kehidupannya, kadang sering tidak sadar jika pengguna sudah merasakan efek dari dampak tersebut. Dalam kehidupan ini, pengguna harus tau peranan gadget yang baik dalam kehidupan. Maka dari itu, pengguna harus selektif lagi dalam penggunaan gadget

Gadget adalah bagian dari handphone. Handphone adalah salah satu perangkat super canggih yang ditemukan dan diterima secara luas di berbagai negara di dunia yang berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan, ponsel juga berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan teks, dll.

Secara umum, gadget dapat diartikan sebagai perangkat elektronik yang memiliki model penggunaan yang praktis dan memiliki fungsi khusus. Fungsinya bisa sebagai alat yang memudahkan pekerjaan, alat untuk komunikasi, atau alat untuk hiburan, dll.

Selain fungsi, gadget juga dapat berperan penting dalam kehidupan manusia. Saat ini, handphone tidak hanya digunakan untuk komunikasi, tetapi teknologi memungkinkannya untuk digunakan sebagai kamera, alat bantu dan perekam, kartu digital, pemutar musik, jaringan internet, dll.

Peran yang bisa dikatakan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari yaitu berkomunikasi dengan keluarga, teman, kerabat dan lain-lain, serta berinteraksi dengan media sosial lainnya dan bercakap-cakap, baik melalui pesan teks maupun panggilan audio dan video, dan untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi, berita dari berbagai belahan dunia secara online maupun offline, semua itu dapat dilakukan dengan mudah dan kapan saja serta dimana saja.

Setelah menjalankan peran dari sebuah gadget, tentu pengguna dapat merasakan manfaatnya dari menggunakan gadget, seperti untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan pengguna, untuk mengakses sebuah informasi melalui media sosial ataupun situs-situs berita yang tersedia maka tidak haus akan informasi, untuk metode pelajaran bagi semua kalangan karena mempunyai akses yang luas dengan berbagai media interaktif, untuk mempermudah seseorang melakukan pekerjaan dalam bidang design atau administrasi dan pekerjaan lainnya yang menggunakan teknologi dan aplikasi dari perangkat gadget. Dan masih banyak manfaat lainnya jika di telusuri lebih dalam lagi.

Pengguna gadget tentunya harus memperhatikan segala dampak buruk yang terjadi jika terus-menerus bermain gadget tanpa adanya jeda. Yang harus pengguna ketahui ialah dampak negatif dari adanya gadget dalam kehidupan, yaitu tidak fokus, hal ini disebabkan karena banyaknya informasi yang dapat diakses di gadget sehingga membuat fokus mudah teralihkan. Mengganggu pola tidur, gadget membuat pengguna candu.

Pengguna akan terus memegangnya dan mencari apapun yang ada di dalamnya. Akibatnya, jam tidur akan berantakan, jam tidur biologis akan terganggu. Masalah penglihatan, beberapa masalah yang sering muncul adalah mata lelah, kemerahan, sensasi terbakar di mata, pandangan kabur, sampai penurunan penglihatan karena terlalu fokus dan banyak menatap layar gadget. Sakit kepala, kecanduan gadget tidak hanya berdampak pada mata dan penglihatan.

Pengguna juga memiliki efek samping pada kepala. Cedera pada otot dan ligamen, postur tubuh yang buruk ketika menggunakan gadget berpotensi menyebabkan tekanan berlebihan pada otot dan persendian di tangan, jari-jari, leher, dan pinggang.

Resiko kecelakaan, penggunaan gadget ketika sedang berjalan akan menyita perhatian dari lingkungan sekitar. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko tersandung, tertimpa sesuatu, atau tertabrak. Maka dari itu, penggunaan harus lebih hati-hati dalam menggunakan gadget karena jika tidak akan membahayakan diri sendiri.

Maka dapat disimpulkan, bahwa gadget sangat penting di kehidupan saat ini, karena segala aktivitas tidak terlepas dari peranan gadget. Gadget adalah salah satu benda yang selalu menemani setiap hari dalam kehidupan manusia.

Maka jelas, banyak manusia yang candu akan menggunakan gadget yang tidak mengenal waktu dan tempat dalam penggunaan. Manusia tidak akan pernah terlepas dari gadget karena segala sesuatu dan informasi zaman sekarang terdapat komplit didalam gadget. Tapi, tak jarang para pengguna dapat memperhatikan dalam pengguna gadget yang nanti akan membahayakan dirinya sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan lebih selektif lagi dalam pemakaian gadget, seperti lebih banyak aktivitas gerak, target dalam pemakaian gadget, dan jika menggunakan gadget lebih baik beri jarak sekitar 20cm dari layar gadget, terapkan postur tubuh yang baik, dan selalu menyerap serta memberikan berita positif terhadap berbagai kalangan.

Penulis: Vira Febrianty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *