Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Gambar istimewa

NASIONAL – Menurut World Health Organization (WHO) sehat adalah suatu keadaan sempurna, baik fisik, mental, maupun sosial yang tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat. Kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi individu. Kesehatan tidak hanya terkait dengan kesehatan fisik saja, namun juga dengan kesehatan mental.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Individu yang dinilai sehat secara mental tidak semata-mata orang yang terbebas dari gangguan jiwa.

Menurut World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa individu yang sehat secara mental adalah individu yang dapat menyadari potensi yang ia miliki, mampu mengelola stres, dapat bekerja secara produktif dan mampu berperan dalam komunitasnya.

Kesehatan mental berhubungan dengan beberapa hal seperti kenyamanan emosional, psikologi dan hubungan sosial. Ketiga aspek tersebut dapat mempengaruhi cara seseorang dalam berpikir, mengatasi stress, dan menjalani hubungan dengan orang lain.

Sekarang ini sangat penting bagi setiap individu untuk selalu menjaga kesehatan mentalnya. Terlebih saat ini kita masih berada dalam masa pandemi covid-19 yang memungkinkan akan sangat mudah terkena gangguan kesehatan mental.

Ketika seseorang memiliki kesehatan mental yang baik maka akan sangat mudah baginya untuk mejalani hidup dengan rasa nyaman dan aman. Orang yang memliki mental yang sehat akan selalu merasa bahagia dalam hidupnya dan terbebas dari pikiran-pikiran negatif yang selalu mengahantui dirinya.

Oleh sebab itu sangat penting bagi setiap individu agar selalu menjaga kesehatan mentalnya karena dengan memiliki kesehatan mental yang sehat maka individu tersebut akan mampu menyikapi setiap masalah dengan baik, mampu berinteraksi dengan orang lain, mendorong dirinya untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat, dan produktiv.

Ketika kesehatan mental individu terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Beberapa jenis gangguan mental yang umum ditemukan, seperti depresi, psikosis, kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan gangguan bipolar.

Beberapa penyebab umum dari gangguan mental, antara lain:

  1. Adanya faktor genetik atau terdapat riwayat pengidap ganguan mental dalam keluarga.
  2. Memiliki gangguan pada otak.
  3. Pengaruh zat racun, alkohol, atau obat-obatan yang dapat merusak otak.
  4. Faktor selama masa kehamilan.
  5. Kekerasan dalam keluarga.
  6. Mengalami perundungan dan pelecehan.
  7. Kehilangan orang terdekat.
  8. Mengalami diskriminasi dan stigma.
  9. Terisolasi secara sosial.
  10. Tinggal di lingkungan yang buruk.
  11. Stres berat dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu sangat penting bagi kita semua untuk menjaga agar mental kita tetap sehat.

Ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah gangguan mental, yaitu:

  1. Melakukan aktivitas fisik seperti berolahrga.
  2. Membantu orang lain dengan tulus.
  3. Memelihara pikiran yang positif.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah.
  5. Mencari bantuan profesional.
  6. Menjaga hubungan baik dengan orang lain.
    Menjaga pola hidup yang sehat.

Kesehatan mental merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kesehatan fisik. Kesehatan mental berkaitan dengan kualitas hidup, produktivitas, dan masa depan. Membangun sistem kesehatan mental, berarti mengupayakan kualitas hidup yang lebih baik, lebih maju dan produktif.

Penulis: Intan Puspitasari Sagimantari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *