Mengelola Stres dengan Cara Olahraga

Mengelola Stres dengan Cara Olahraga. gambar istimewa

NASIONAL – Stres adalah perasaan yang umumnya dapat kita rasakan saat berada di bawah tekanan, merasa kewalahan, atau kesulitan menghadapi suatu situasi. Tubuh kita telah dirancang untuk dapat mendeteksi dan bereaksi terhadap stres. Bahkan, stres bersifat baik. Stres hanya menjadi berbahaya bila bersifat kronis.

Saat keadaan menjadi sulit pasti pikiran menjadi terganggu, meskipun bukan karena hal yang besar. Saat pikiran terganggu dan tidak segera diatasi, tidak menutup kemungkinan anda akan stres karena terus-menerus memikirkannya tanpa menghadapinya. Stres adalah salah satu gangguan yang bisa berpengaruh pada fisik atau psikis. Jika anda tidak mampu mengelola stres yang membebani pikiran, mungkin saja hal ini membuat kualitas hidup menurun. Akibatnya, kamu jadi sulit berpikir jernih, sulit tidur, hingga tidak lagi produktif saat bekerja.

Maka dari itu stres perlu dikelola, nah olahraga ini adalah salah satu cara yang tepat untuk mengelola stres kita karena dengan berolahraga maka kita akan menghasilkan hormon endorfin yang berperan pending dalam mengelola stres. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa meningkatkan stamina sekaligus ampuh menghilangkan stres dari pikiran anda antara lain :

Yoga

Berbagai pose yoga membuat tubuh menjadi lentur yang mampu mengurangi ketegangan otot dan bisa memicu respons relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengelola stres. Menurut survei, praktisi yoga menyetujui bahwa melakukan latihan ini dapat meningkatkan energi, kebahagiaan, hubungan sosial, dan kualitas tidur berkaitan dengan stres dan depresi.

Jalan santai atau jalan cepat

Berjalan merupakan salah satu olahraga paling mudah dilakukan. Olahraga ini sangat cocok dilakukan apabila baru memulai aktivitas sehat sebagai rutinitas. Baik itu jalan santai maupun jalan cepat, gerakan kaki berulang selama latihan bisa membantu melepaskan ketegangan otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan jadi lebih baik.

Selain itu, jalan santai atau jalan cepat juga bisa memanjakan mata. Anda bisa menikmati pemandangan rindang pohon-pohon yang ada di taman yang mungkin jarang kalian lihat dan amati. Aktivitas untuk menghilangkan stres ini bisa jadi waktu menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau teman. Anda sebaiknya melakukan jalan santai atau jalan cepat selama 30 menit setiap hari demi mengelola stres. 

Menari

Menari bisa membantu meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Otot dalam tubuh akan menegang dan melakukan relaksasi selama melakukan gerakan tari. Menari bermanfaat untuk menghilangkan stres. Kondisi ini tumbuh dari kontak dan hubungan dengan orang lain.

Semua itu akan mengalihkan pikiran dari berbagai masalah. Otak akan kembali fresh dan dapat kembali berpikir jernih. Iringan musik juga dapat menurunkan gejala stres dan depresi, dan terbukti dapat meningkatkan semangat selama melakukan latihan.

Badminton atau Tenis

Olahraga badminton atau tenis bisa membangun ikatan dengan orang lain dan setiap kali mencetak poin, kita akan merasa puas dan bangga dan hal itu bisa mengurangi stres yang membebani. Olahraga ini juga membutuhkan gerak tubuh dan konsentrasi tinggi yang membantu menyehatkan jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Itulah beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan guna mengelola stres secara ampuh. Pastikan untuk berolahraga secara rutin, tapi tidak berlebihan, agar segala manfaatnya bagi kesehatan dapat diperoleh dengan maksimal. Namun, ketika berolahraga kamu mengalami cedera, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri.

Penulis: Fi Jannatin Aliyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *