Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa SD

Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa SD. gambar istimewa

NASIONAL – Minat baca berasal dari dua kata yaitu minat dan baca. Dari pengertian etimologi, minat artinya kesukaan, keinginan, atau gairah yang ada di hati saat melakukan suatu kegiatan. (Ajeng, 2018). Seseorang dengan minat membaca yang tinggi akan dengan mudah untuk membaca bacaan-bacaan dan tidak ada paksaan saat melakukan kegiatan membaca. Oleh karena itu minat memegang peran penting dalam kegiatan membaca.

Dalam rangka menumbuhkan keminatan siswa dalam membaca, hal ini dibutuhkan peran dari banyak pihak, contohnya dalam lingkungan sekolah adalah guru, kepala sekolah dan warga sekolah lainnya. Dan juga perlu diberikan metode yang baik dan tepat untuk mendapatkan hasil yang meningkat.

Guru mempunyai cara untuk meningkatkan minat membaca siswa, cara-caranya yaitu sebagai berikut: (M & Sulistyorini, 2012)

  1. Menyediakan tempat untuk baca di setiap kelas, tempat ini disebut dengan pojok baca.
  2. Selalu dikomunikasikan dengan siswa terkait buku bacaan apa yang harus ada di dalam koleksi. Harus diusahakan mendiskusikan buku dengan anak. Hal ini supaya anak dapat berani dalam menyampaikan pendapatnya dalam hal bahan bacaan.
  3. Siswa diberikan kesempatan untuk menuliskan cerita terkait pengalamannya.
  4. Bahan bacaan disesuaikan dengan materi yang ada di kelas, sehingga saat membaca siswa akan mendpatkan ilmu pengetahuan sesuai dengan materi.
  5. Menghubungkan materi dengan buku bacaan yang ada di koleksi pojok baca, dan dibahas bersama saat pelajaran berlangsung.
  6. Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan isi cerita, dan pandangan mereka tentang tokoh yang ada dalam buku bacaan.

Jika upaya tersebut benar-benar dilakukan oleh lingkungan sekolah khususnya oleh guru, maka kemungkinan meningkatnya minat baca siswa akan mendapatkan hasil yang maksimal, dan perpustakaan dan pojok baca akan sering di kunjungi oleh semua siswa.

Penulis: Adella Latifa Fauziah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *