Bahaya Kecanduan Gadget Generasi Milenial

Bahaya Kecanduan Gadget Generasi Milenial. FOTO: ISTIMEWA

NASIONAL – Di era globalisasi ini, kata gadget sudah tidak asing lagi. Hampir seluruh masyarakat dari orang tua, dewasa, bahkan anak-anak pasti sudah mengenal gadget. Si alat canggih, yang selalu dibawa ke mana-mana layaknya jantung kehidupan. Gadget adalah media yang dipakai sebagai alat komunikasi modern.

Gadget semakin mempermudah kegiatan komunikasi manusia. Kini kegiatan komunikasi telah berkembang semakin lebih maju dengan munculnya gadget.

Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying.

Solusi terhadap permasalahan pemakaian gadget pada anak usia dini dengan cara membatasi pemakaian gadget, mengawasi anak dalam bermain gadget dengan figur orang tua yang berperan sangat penting serta memberi jadwal waktu yang tepat saat anak bermain gadget, agar gadget tidak dapat menghambat perkembangan sosial anak usia dini.

Bukan rahasia lagi bahwa anak-anak zaman sekarang sudah terpapar dengan berbagai macam gadget dan teknologi di usia yang sangat muda. Sementara beberapa orang percaya bahwa ini dapat bermanfaat bagi perkembangan mereka, ada juga yang berpikir bahwa itu dapat merugikan.

Gejala Kecanduan Gadget

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena sindrom nomofobia alias kecanduan gadget. Tingkat kecanduan orang pun berbeda-beda. Mulai dari kondisi yang ringan, hingga yang cukup parah. Berikut ini beberapa tanda dari kecanduan gadget yang perlu diperhatikan:

  • Saat kamu kecanduan gadget, kamu akan langsung mencari gadget saat membuka mata di pagi hari.
  • Kamu tidak bisa melewati hari tanpa menggunakan gadget.
  • Kamu akan merasa cemas yang luar biasa jika baterai smartphone sudah sangat rendah atau bahkan mati.
  • Kamu selalu ingin mengecek gadget-mu tiap 5 menit sekali.
  • Kamu selalu menggenggam gadget-mu ketika melakukan aktivitas apapun, entah itu sedang makan, berjalan, bahkan ke toilet.

Efek Kecanduan Gadget

  • Efek kesehatan

Sisi positifnya, penggunaan gadget dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halusnya. gadget dapat membantu anak merasa terhubung dengan teman dan anggota keluarganya

Sisi negatifnya, gadget dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala, sakit leher, dan mata kering. Sisi negatifnya, gadget dapat menimbulkan perasaan terisolasi dan kesepian.

  • Efek Media sosial

Sisi positifnya, media sosial tetap terhubung dengan teman dan keluarga, terutama jika berada dalam jarak jauh. Mempermudah komunikasi, dan mendapatkan informasi dengan cepat.

Sisi negatifnya, dapat menyebabkan kecanduan. Dapat pula menyebabkan kecemasan dan depresi. Media sosial juga bisa menyebarkan berita hoax.

Banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk melindungi pola pikir generasi milenial saat ini. Salah satunya adalah dengan memperbanyak sosialisasi dengan orang-orang yang membawa kita ke perubahan yang positif.

Penulis: Ana Afrilia Utami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *