Virus Corona

Gambar ilustrasi

NASIONAL – Pada saat ini dunia sedang menghadapi masalah besar.Berawal dari munculnya suatu wabah penyakit yang disebabkan oleh virus,yaitu virus corona yang biasa disebut covid-19,hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan-perubahan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan dunia.Dunia perekonomian yang semakin melemah,hubungan sosial semakin menurun yang menyebabkan kurangnya interaksi terhadap sesama.

Penyakit virus covid-19 pertama kali dikonfirmasikan masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020,penyakit ini adalahpenyakit menular yang disebabkan oleh virus.Sebagian besar orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang,dan akan pulih tanpa penangganan khusus namun tak jarang juga ada yang meninggal duni akibat virus ini.

Virus yang menyebabkan covid-19 terutama ditularkan melalui percikan air liur yang di hasilkan saat orang yang terinfeksi batuk,bersin,atau mengembuskan nafas.Tetesan ini terlalu berat dan tidak bisa bertahan di udara sehingga dengan cepat jatuh dan menempel di lantai atau yang permukaan lainnya.Sudah seharusnya kita lebih patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah Indonesia.Protokol kesehatan ini ditunjukan untuk mencegah penularan virus covid-19.

Protokol kesehatan meliputi menggunakan masker,rajin mencuci tangan,serta wajib menjaga jarak.Hal ini bukanlah hal yang mudah karena bukan suatu kebiasaan untuk kita semua.

Kebijakan pemerintah baiknya tidak hanya tentang penerapan protokol kesehatan.Akan tetapi pada protokol penyelamatan lingkungan hidup yang berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap penyakit.Melimpahnya sumber daya alam didalam negeri menjadi suatu berkah tersendiri bila pemerintah berani untuk mengeksplorasi lebih jauh manfaat dari sumber daya alam yang dimiliki.

Nah,dibalik kesedihan diseluruh belahan dunia ini,kita harus mampu mengambil hikmah dari adanya musibah pandemi covid-19.Musibah ini mungkin datang sebagi ujian untuk kita semua,apakah kita mampu memcerdaskan kehidupan bangsa walaupun dalam keadaan dan kondisi seperti ini atau tidak.Semoga dari apa yang telah terjadi ini akan ada manfaatnya. Amiin.

Penulis: Vera Pirnawaty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *