Pentingnya Minum Air Putih

Gambar ilustrasi

NASIONAL – Air merupakan bagian penting untuk kehidupan, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi dan lebih cepat meninggal dibandingkan tanpa makanan.

Air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Keseimbangan suhu tubuh akan sangat tergantung pada air, karena air merupakan pelumas jaringan tubuh sekaligus bantalan sendi-sendi , tulang, dan otot.

Mengkonsumsi air secara cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk memecah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar.

Sebaliknya, kekurangan air dapat menyebabkan konstipasi, infeksi saluran urin, terbentuknya batu ginjal, kelelahan, dan masalah-masalah seputar kulit, rambut, dan kuku.

Minum air putih sangat bermanfaat untuk tubuh. Manfaat nya seperti bisa meningkatkan konsentrasi, mencegah dehidrasi dan yang paling penting minum air putih bisa menyehatkan tubuh kita.

Namun, ada beberapa orang yang tidak begitu suka meminum air putih. Air putih ada dua macam, ada air putih dingin dan air putih biasa. Kebanyakan orang lebih menyukai air putih dingin, dibandingkan dengan air putih biasa dengan alasan kalau air tersebut tidak dingin rasanya tidak enak.

Sebenarnya boleh saja kita meminum air dingin, asalkan tidak berlebihan karena jika kita meminum air dingin secara berlebihan bisa membuat tubuh sulit mencerna makanan, menyebabkan sakit tenggorokan, dan membuat tubuh menjadi semakin membesar (gemuk).

Memang tergantung orang tersebut mau memilih minum air putih dingin atau air putih biasa tapi sebaiknya jika kita meminum air, minum air putih yang tidak dingin. Setelah bangun tidur di pagi hari ada baiknya jika kita meminum segelas air putih, itu sangat penting untuk tubuh kita karena bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Setelah kita berolahraga, bermain, ataupun makan pasti kita selalu minum air putih bukan? memang ada yang tidak langsung memilih air putih sebagai minuman orang tersebut, ada beberapa orang yang mereka pilih adalah meminum-minuman dingin padahal ternyata setelah kita berolahraga, bermain, ataupun makan minum air putih biasa adalah pilihan yang sangat tepat, apalagi setelah memakan makanan yang pedas banyak orang yang setelah makan pedas kemudian ia meminum air dingin padahal ternyata meminum air dingin setelah makan makanan yang pedas itu tidak berpengaruh apa-apa.

Maka sebaiknya kita memilih minum air putih biasa (hangat) meskipun minum air hangat membuat pedas semakin terasa, tapi tidak lama setelah itu rasa pedas di mulut akan terasa lebih cepat hilang.

Manfaat minum air putih untuk tubuh:

  • Menyehatkan pencernaan dalam tubuh
    Air putih dapat melancarkan pencernaan dan meringankan masalah seperti kembung dan sembelit
  • Meningkatkan daya ingat otak
    Kandungan kalium dalam air putih mengaktifkan elektrolit yang ada di otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  • Baik untuk perawatan kulit
    Mengkonsumsi air putih membuat kulit bebas dari noda, lebih lembab, kenyal, dan lebih bercahaya
  • Menjaga kesehatan tulang
    Air putih memiliki kandungan kalsium, air putih sangat baik dikonsumsi setiap hari
  • Mengatur lemak tubuh
    Mengkonsumsi air putih membantu pemecahan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh

Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi yang merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup air dalam tubuh. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kekurangan energi dan membuat tubuh kelelahan.

Ada beberapa ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI (Republik Indonesia), yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.

Berapa air putih yang dibutuhkan oleh tubuh?
Setiap hari tubuh akan kehilangan cairan melalui nafas, keringat, urin, dan usus. Agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka tubuh memerlukan asupan cairan melalui konsumsi minuman dan makanan yang mengandung air. Cairan yang dibutuhkan oleh laki-laki adalah sekitar 3 liter perhari dan cairan yang dibutuhkan oleh wanita adalah 2 liter perhari.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan cairan pada tubuh. Berikut beberapa faktor tersebut :

  1. Olahraga
    Seseorang perlu menambahkan asupan cairan setelah berolahraga karena banyak cairan yang dikeluarkan melalui keringat. Jumlah cairan yang dibutuhkan perlu disesuaikan dengan durasi dan jenis olahraga yang dilakukan.
  2. Lingkungan. Cuaca panas atau lembab dapat membuat seseorang berkeringat sehingga membutuhkan asupan cairan tambahan.
  3. Kondisi kesehatan. Kondisi kesehatan yang kurang baik seperti demam, muntah, atau diare menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Sehingga jika sedang berada dalam kondisi ini makan dibutuhkan asupan lebih banyak cairan. Namun pada beberapa kondisi seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan hati dapat menganggu ekskresi air dan mengaharuskan seseorang membatasi asupan cairan yang dikonsumsi.
  4. Kehamilan dan menyusui. Wanita yang sedang hamil dan menyusui membutuhkan cairan lebih dari kondisi normal. Sejumlah cairan dikeluarkan melalui ASI. Wanita yang sedang hamil membutuhkan sekitar 2,3 liter setiap hari dan wanita yang menyusui membutuhkan 3,1 liter setiap hari.

Dapatkan manfaat minum air putih bagi kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, dan lengkapi dengan pola hidup yang sehat.

Salah satu cara hidup sehat yang paling murah adalah dengan mengkonsumsi air putih. Perbanyaklah minum air putih dan tubuh anda akan berterima kasih untuk itu.

Jadi untuk kamu yang belum suka dengan air putih biasa yuk segera minum air putih sebanyak 8 gelas perhari agar tubuhmu tetap terdehidrasi dan tidak kekurangan cairan dalam tubuh.

Penulis: Eka Yuanda Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *