Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Gambar ilustrasi

NASIONAL – Menjaga diri agar terbiasa hidup sehat bisa dikatakan sebagai suatu keharusan untuk dilakukan setiap orang. Akan tetapi, tidak semua orang sadar akan hal itu. Masyarakat tidak terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat di kehidupan sehari-harinya. Padahal menerapkan pola hidup sehat itu tidak begitu sulit dilakukan selama mereka ada kemauan.

Sebenarnya untuk hidup sehat itu tidak salah, apalagi hingga saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan virus Covid-19, walaupun kasus angka positif Covid-19 tidak banyak seperti kemarin tetapi masyarakat harus tetap menjaga kesehatannya.

Pola hidup sehat ini bukan hanya membuat kita terhindar dari Covid-19 saja, tetapi kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan hidup dapat meningkat.

Untuk menerapkan pola hidup yang sehat itu caranya sangat beragam, tetapi sebaiknya kita pilihlah cara yang kita sukai agar bisa semangat untuk menerapkannya. Kita bisa mendapatkan informasi mengenai cara hidup sehat, mulai dari youtube hingga beberapa artikel kesehatan.

Ketika seseorang sudah menerapkan pola hidup sehat, dia bisa merasakan berbagai macam mandaat. Setiap manfaat yang didapat bisa memengaruhi kondisi kesehatan fisik maupun rohani.

Menjaga kesehatan tubuh bukan berarti harus selalu mahal. Lalu, bagaimana sih cara kita untuk menjaga kesehatan tubuh? Simak cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat di sini!

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Sebenarnya ada banyak cara untuk menjaga kesehatan, tetapi umumnya ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang sering dolakukan oleh banyak orang, diantaranta:

Berolahraga

Tubuh perlu olahraga secara rutin agar kesehatan lebih terjaga. Tak perlu bingung ingin melakukan olahraga apa. Kita bisa melakukan olahraga dengan jalan kaki rutin.

Tidak usah lama-lama, minimal selama 15-30 menit per harinya. Mudah bukan?. Menurut National Institue of Diabetes and Gigesive & Kidney Disease, dengan membiasakan berjalan kaki sekitar kilometer per jam dengan waktu tempuh selama 30 menit, bisa memperkecil risiko kita menderita diabetes tipe 2.

Bukan hanya itu saja manfaat kita berjalan kaki, rutin berjalan kaki membantu kita terhindar dari risiko kanker pankreas, osteoporosis, stroke, serangan jantung, mengurangi risiko alzheimer dan lain sebagainya.

Konsumsi Makanan Sehat dan Cukupi Kebutuhan Cairan

Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah secara teratur berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Kita juga bisa mengolah makanan sendiri sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebersihan dari makanan yang kita konsumsi.

Selain mengonsumsi makanan sehat, kita juga harus memenuhi kebutuhan cairan harian dengan minum air putih setidaknya 6-9 gelas setiap harinya. Dengan terpenuhinya cairan tubuh dapat menjaga fungsi seluruh organ dan mencegah dehidrasi dan konstipasi.

Atur Waktu Tidur

Sebenarnya menjaga kesehatan paling mudah dan paling sering terlupakan adalah mengatur jam tidur atau waktu istirahat. Memang kelihatannya sepele, tetapi mengatur jam tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Selama ini yang sering kita dengar adalah tidur sebanyak 8 jam sehari.

Namun apakah benar tidur 8 jam itu artinya kita bisa tidur kapan saja selama memenuhi jumlah 8 jam? Apakah begadang sampai subuh lalu menggantinya dengan tidur sampai 8 jam sama kualitasnya dengan tidur sepanjang malam?

Begadang atau terjaga sepanjang malam lalu mengganti tidur di siang hari akan merusak siklus tubuh. Imbasnya bisa serius pada kesehatan. Jika kita kurang tidur atau siklus tidunrya berantakan akan memiliki risiko lebih tinggi yaitu menderita hipertensi, stroke, jantung, obesitas dan diabetes. Maka dari itu, mulailah membangun sikap disiplin pada jam tidur.

Beri batasan terjaga maksimal di jam 10 malam dan biasakan bangun di pagi hari sebelum matahari terbit. Dengan begitu, sistem tubuh kembali ke pola alami yang tentunya lebih sehat.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Kesehatan bisa kita ciptakan dengan cara menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar agar selalu bersih. Selain bermanfaat untuk kesehatan diri, menjaga kebersihan juga dapat memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri bagi sekitar. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Ketika mandi, seseorang akan menyiram tubuh dengan air dan menggunakan sabun, kemudian dibilas menggunakan air bersih. Dengan begitu, bakteri yang menempel pada tubuh selama kita berada di luar akan ikut terbawa air dan terlepas dari tubuh.

Selain itu, ketika mandi juga kita melakukan gosok gigi menggunakan pasta gigi serta mencuci rambut dengan sampo. Jadi selain tubuh kita wangi setelah mandi, kita juga terhempas dari bakteri-bakteri yang menempel pada tubuh kita.

Mencuci Tangan Setelah Memegang Benda dan Sebelum Makan atau Minum

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Mengingat tangan merupakan anggota tubuh yang sering kita gunakan. Baik untuk makan, minum dan memegang benda. Untuk itu, penting untuk kita mengingat setiap kali kita memegang benda untuk mencuci tangan dan sebelum makan atau minum juga mencuci tangan agar tidak ada bakteri yang menempel di tangan dan ikut masuk ke dalam tubuh.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Buang sampah pada tempatnya sudah dianjurkan sejak lam. Bahkan sejak kecil pun kita sudah diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Dengan membuang sampah pada tempatnya bertujuan agar tidak ada sampah yang berserakan di mana-mana serta tidak menyebabkan tumpukkan sampah yang bisa menimbulkan bau.

Karena bau tersebut dapat mengundang binatang seperti lalat dan tikus yang bisa menyebarkan penyakit. Oleh karena itu, kita harus membuang sampah pada tempatnya.

Membuang Air yang Menggenang

Hal ini dilakukan sebagai upaya terhindar dari penyakit demam berdarah. Karena genangan air sangt disukai nyamuk sebagai tempat untuk berkembang biak.

Oleh karena itu, sebaiknya jika ada air yang tergenang segera dibuang. Untuk menghindari genangan air yaitu menutup cekungan-cekungan yang bisa menjadi tempat menggenangnya air.

Kita juga harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Berikut manfaat menjaga kebersihan diri dan lingkungan bagi kesehatan.

  1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
  2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
  3. Bebas dari polusi udara.
  4. Lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
  5. Membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Jadi, ini adalah cara mudah kita untuk menjaga kesehatan tubuh secara mudah dan murah. Jadi, jangan abaikan lagi kesehatan tubuh kita agar hidup bisa dinikmati lebih nyaman. Sekarang kita lanjut tentang manfaatnya menjaga kesehatan tubuh. Yuk simak baik-baik.

Manfat Menjaga Kesehatan Tubuh

Setelah membahas cara menjaga kesehatan tubuh, maka pembahasan berikutnya adalah manfaat menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan Energi yang Ada di Dalam Tubuh

Ketika seseorang menerapkan pola hidup yang sehat, maka seseorang ini akan lebih semangat dalam memulai aktivitasnya, sehingga aktivitas dapat diselesaikan secara maksimal.

Kualitas Tidur Mengalami Peningkatan

Dengan berolahraga rutin dan makan dengan gizi yang seimbang dapat membuat kualitas tidur seseorang meningkat, sehingga tidurnya akan terasa lebih nyenyak. Makin baik kualitas tidurnya, maka kesehatan tubuh bisa makin baik juga, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga Imunitas Tubuh

Dengan kita menjalani pola hidup yang sehat akan berpengaruh pada daya tahan tubuh. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi akan membuat tubuh mendaptkan nutrisi yang dibutuhkan yang berguna untuk menjaga dan membentuk imunitas.

Jadi, ketika kita konsisten menjalani pola hidup sehat, imunitas yang kuat pun bisa menghindarkan kita dari berbagai risiko penyakit yang tidak diharapan.

Mengontrol Berat Badan

Manfaat yang kita dapat dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu dapat membuat berat badan kita lebih terjaga. Makanan yang dikontrol dan tidak sembarangan yang dapat menghindari asupan lemak, kolesterol dan gula yang berlebihan.

Memiliki Kehidupan yang Lebih Teratur

Dengan membiasakan diri untuk hidup sehat berarti anda telah merencanakan kehidupan yang lebih teratur. Mulai dan jam tidur, olahraga, hingga makanan apa saja yang akan dimakan. Dengan begitu kehidupan anda akan lebih tertata dan teratur dan tentu saja dengan keadaan mental yang lebih terjaga.

Meski kelihatan berat, yang paling penting saat menjalankan pola hidup sehat adalah dengan berani memulainya. Setelah itu pada hari berikutnya kita akan terbiasa melakukannya. Kita bisa merasakan manfaat dari pola hidup yang sehat.

Jadi, mulai saat ini jang pernah menunda-nunda dan ragu untuk menerapkan pola hidup sehat. Dengan menerapkannya, tubuh kita menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit dan lebih semangat dalam melakukan suatu kegiatan.

Penulis: Ayu Arina Putri (Mahasiswa UHAMKA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *