Inilah Komitmen PT GKP di Sektor Kesehatan bagi Masyarakat Konawe Kepulauan

Serba serbi pelaksanaan program PMT di Desa Moloso dan Sinalu Jaya, Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan

CEKFAKTA.CO.ID,. KONAWE KEPULAUAN – PT Gema Kreasi Perdana (GKP) melaksanakan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk bayi dan anak usia di bawah lima tahun (balita) di Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara pada 12 dan 14 September 2023.

Setelah sukses dilaksanakan di Desa Roko-Roko Raya, kali ini program PMT dilaksanakan di dua desa lain di Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan, yakni Mosolo dan Desa Sinaulu Jaya.

Kedua desa ini memusatkan aktivitas programnya di masing-masing balai desa setempat.

Alexander Lieman, Manager PT GKP mengatakan bahwa program PMT ini sebagai bentuk aktualisasi komitmen perusahaan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam konteks penurunan angka stunting (gangguan pertumbuhan pada anak).

“Fokus kami dalam pelaksanaan program PMT ini memang kami tujukan kepada para bayi dan balita. Pelaksanaan program ini untuk membantu menurunkan angka stunting di Kecamatan Wawonii Tenggara,” kata Alexander, Selasa (14/9/2023).

“Berdasarkan data dari Puskesmas setempat, ada beberapa balita yang masuk dalam kategori gizi buruk. Oleh sebab itu, melalui program ini, kami berharap dapat membantu Pemerintah melalui Puskesmas untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Konawe Kepulauan,” tambahnya.

PT GKP sendiri mengaktualisasi program ini dengan bekerja sama dengan Puskesmas Polara, serta Posyandu di kedua desa tersebut, bai Mosolo dan Sinaulu Jaya. Serta, berkolaborasi dengan warga, khususnya para ibu dan anak di ketiga desa tersebut.

Alexander juga menjelaskan, kegiatan PMT tersebut meliputi pemeriksaan berat dan tinggi badan, pemberian vaksin, serta pembagian makanan tambahan seperti biskuit dan susu formula.

“PT GKP berkomitmen untuk terus menjalankan program ini secara berkelanjutan dan direncanakan akan meluas di desa-desa lain di Kabupaten Konawe Kepulauan. Sehingga, angka stunting di Kabupaten Konawe Kepulauan bisa ditekan dan turun secara signifikan,” jelas Alexander.

Sementara itu, Yurni salah satu warga Desa Mosolo, menyampaikan terimakasih kepada PT GKP yang telah berinisiatif mengadakan program PMT.

“Saya berharap agar program ini bisa berkembang luas di desa-desa lain di Kabupaten Konawe Kepulauan, agar bayi dan balita disini dapat tercukupi gizinya,” kata Yurni

Hal serupa juga di ungkapkan oleh Hariana, warga Desa Sinaulu Jaya. Kata dia, hadirnya perusahaan banyak memberi dampak positif bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada PT GKP yang sudah melakukan program PMT ini di desa kami, memperhatikan kesehatan dan gizi anak-anak kami, semoga kedepannya terus lancar beroperasi di Wawonii,” ungkap Hariana

Ketua kader posyandu Desa Mosolo, Desi Putri menilai kegiatan yang dilaksanakan oleh PT GKP sangat bermanfaat.

“Selama ini juga kan kita sering hanya diberi bubur, jarang sekali diberi biskuit dan makanan tambahan lainnya. Ke depannya, semoga bisa semakin beragam paket makanannya, khususnya program bagi para lansia yang bisa diberi tambahan telur ayam, ubi, dan lainnya,” jelas Desi.

Kehadiran PT GKP, baik secara langsung maupun tidak langsung telah berhasil mengakselerasi berbagai aspek kehidupan masyarakat di Pulau Wawonii.

Selain aspek kesehatan masyarakat, PT GKP juga telah mendorong percepatan pembangunan fisik di Pulau Wawonii, seperti pembangunan infrastruktur (akses jalan, jembatan, listrik, dan telekomunikasi), sehingga mendorong perputaran ekonomi antar desa.

Serta, munculnya berbagai kontribusi sosial PT GKP sebagai bagian dari komunitas lokal, seperti pengembangan program UMKM, program GKP mengajar, dan lain sebagainya.

Publisher: Redaksi

URL List

Komentar