Pelajar SMPN I Kendari Harumkan Nama Sultra di Kancah Internasional

Pelajar SMPN I Kendari Harumkan Nama Sultra di Kancah Internasional

CEKFAKTA.CO.ID,. KENDARI – Pelajar SMP Negeri 1 Kendari kembali mengharumkan nama negara dipentas internasional. Kali ini, para pelajar tampil pada salah satu event dunia yakni Lotus Festival di Los Angeles, Amerika Serikat yang digelar 15 – 17 Juli 2023.

Dalam festival ini, siswi SMP Negeri 1 Kendari yakni Vania Nathania Elisa, Aira Dublin Hugua, Aulya Aura Putri Johansyah dan Erlita Nindyana Nurdin mewakili Indonesia menampilkan pertunjukan seni budaya otentik khas Tanah Air.

Para penari terbaik daerah dengan begitu lincah mengundang kekaguman para penonton yang memadati panggung utama Lotus Festival 2023.

Sambil duduk lesehan, para penonton semakin kagum dengan tarian Balumpo yang ditampilkan penari cantik asal Sulawesi Tenggara (Sultra). Delegasi tari daerah ini tak hanya menampilkan seni tari, seperti Wetina, Balumpo, dan Lulo saja. Mereka juga menampilkan beragam busana khas Sulawesi Tenggara, yang dikemas dalam fashion show.

“Luar biasa, bangga sekali saya memiliki darah dan ikatan batin dengan Indonesia,” ujar Clarisa, salah satu penonton yang tampak antusias saat pertunjukan berlangsung.

Sukses pelajar SMP Negeri 1 Kendari menghibur pengunjung Lotus Festival mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, Hj. Saemina. Ia bangga, generasi muda Sultra khususnya Kota Kendari mampu unjuk bakat di pentas internasional.

“Kami sangat bangga pelajar dari Kota Kendari bisa tampil pada event internasional. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat mereka untuk terus menempa diri dengan kreatifitas dan pendidikan akademik sehingga mereka bisa tumbuh menjadi generasi sehatdan cerdas,” kata Saemina.

Sekedar informasi, Lotus Festival merupakan pagelaran tahunan menjelang musim panas dan dimulai sejak tahun 1972, yang bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan pemahaman tentang kontribusi orang-orang Asia dan Kepulauan Pasifik kepada komunitas lokal dan sekitarnya.

Di samping pertunjukan seni budaya, terdapat juga Paviliun Indonesia yang mempromosikan berbagai macam produk asli Indonesia melalui ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) Los Angeles, produk UMKM Provinsi Sultra, dan Kamar Dagang Industri (Kadin) Sultra, sekaligus menjadi ajang informasi budaya, sosial dan berbagai produk strategis lainnya.

Publisher: Redaksi

URL List

Komentar