Peningkatan Sektor Pertanian Jadi Prioritas Harapan Warga Desa Rangka di Sosialisasi Ihsan Taufik

FOTO: Foto bersama Ihsan Taufik Ridwan bersama warga Desa Rangka Kecamatan Kabawo, Jumat (7/7). dok: istimewa

CEKFAKTA.CO.ID,. MUNA – Setelah sempat rehat di momen Hari Raya Idul Adha 1444 H, La Ode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan kembali menyambangi desa di wilayah Kabupaten Muna.

Kali ini pria jebolan Golkar Institut angkatan pertama itu menyambangi Desa Rangka, Kecamatan Kabawo, Jumat (7/7).

Dikatakan oleh salah satu warga yang hadir di giat tersebut bahwa mereka membutuhkan penampungan air bersih berupa embung atau bak besar sebagai sumber pengairan lahan pertanian. Mereka juga menginginkan revitalisasi lahan sawah yang menurut warga desa memiliki potensi kurang lebih 50 hektar.

“Supaya dapat dipakai semua,” katanya di hadapan Ihsan.

Guna mendukung pengairan lahan pertanian, lanjutnya warga, maka diperlukan mesin pompa air.

Selain itu, dengan mayoritas (95 persen) masyarakat desa adalah petani, maka dibutuhkan traktor/ jonder untuk mengolah lahan kering maupun basah sehingga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan warga.

Masih di sektor pertanian khususnya jagung kuning, warga juga mengahrapkan adanya bantuan atau distribusi pupuk sebagai upaya peningkatan produksi pertanian..

Sementara untuk infrastruktur, warga menginginkan ada pengaspalan jalan usaha tani kurang lebih 6 km menuju produksi persawahan. Tidak itu saja, mereka juga berharap drainase lokal desa sebagai uapaya penanggulangan genangan air.

“Kami jaga berharap ada program bedah rumah, gedung majelis ta’lim serta jaringan telekomunikasi ditingkatkan,” harap warga

Penulis: Yusrif

Publisher: Redaksi

URL List

Komentar