Inovasi Aspirasi Zaman Now jadi Tujuan Kunker Sekwan Gorontalo ke DPRD Konawe

FOTO: Suasana kunker rombongan Sekwan Gorontalo ke Sekretariat DPRD Konawe dalam rangka Studi Komparasi Inovasi “Aspirasi Zaman Now” di Gedung H. Ardin, Jumat (5/5). dok: ist

CEKFAKTA.CO.ID,. KONAWE – Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo, Sulawesi Utara (Sulut), Hi. N. R. Monoarfa bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunjer) di sekretariat DPRD Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (5/5).

Sekretaris dewan (Sekwan) Gorontalo bersama rombongan itu diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto didampingi Sekwan Sumanti di

Kunker Sekwan Gorontalo bersama rombongan tersebut diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM didamping Sekwan Sumanti.

Tujuan kunker itu adalah untuk melakukan studi komparasi terkait inovasi “Aspirasi Zaman Now”, yang merupakan inovasi pelayanan publik sekretariat DPRD melalui digitalisasi pelayanan elektronik dalam rangka menunjang tujuan pokok dan fungsi (tupoksi) serta kinerja legislatif.

Gagasan aspirasi publik berbasis online di DPRD Konawe disampaikan oleh Sumanti saat menjadi peserta Pelatihan Kepemipinan Nasional (PKN) tingkat ll Angkatan VIII Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar.

“Namanya Aplikasi Jaman Now. Ini nantinya akan menampung aspirasi publik. Aplikasi ini memudahkan anggota DPRD untuk memantau apa yang menjadi aspirasi masyarakat dari dapil mereka,” katanya.

Dijelaskannya, selama ini penanganan aspirasi dari masyarakat luas di DPRD Konawe terbilang lambat karena masih manual. Sehingga kata dia, aplikasi Jaman Now ini diharapkan dapat mempercepat penanganan aspirasi publik.

“Aspirasi bisa melalui media sosial, yakni lewat WhatsApp Center dan Aspirasi Online Mepokoaso. Melalui dua layanan tersebut aspirasi masyarakat lebih cepat untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Sumanti bilang, sebelum menciptakan inovasi berbasis online itu, terlebih dahulu dirinya melakukan sosialisasi publik

“Jadi ke depan, bagi masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasi tidak lagi melalui demonstrasi yang melibatkan massa, cukup lewat aplikasi saja dan itu pelayanan bisa lebih cepat,” ujarnya

URL List

Komentar