Atasi Permasalahan Sosial Pemkot Kendari Gelar Peningkatan Kapasitas Puskesos

Atasi Permasalahan Sosial Pemkot Kendari Gelar Peningkatan Kapasitas Puskesos
Foto bersama Dinas Sosial kota Kendari dan perwakilan 65 Puskesos bersama Sekretaris Daerah kota Kendari saat kegiatan bimbingan teknis Puskesos, pada kamis 17 Oktober 2024. FOTO: TIL UMURI

CEKFAKTA.CO.ID., KENDARI – Sedikitnya ratusan peserta mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), di Ruang Pertemuan Hotel Zahra Syari’ah Kendari.

Bimtek tersebut diselenggarakan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari, Kamis (17/10/2024). Nampak hadir Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, dan Sekretaris Dinas Sosial Kota Kendari, Eni Misni Arwati.

Peserta terdiri 130 perwakilan dari 65 Puskesos di setiap kelurahan. Hadir pula Kepala Seksi yang membina Puskesos di wilayah masing- masing.

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala menyampaikan pentingnya pelaksanaan Bimtek ini agar para peserta yang berasal dari Puskesos dan kelurahan agar mampu menjadi narasumber sekaligus pemecah masalah di tempat tugas mereka masing-masing.

“Kegiatan Bimtek ini harus memberikan hasil nyata berupa tambahan informasi dan kemampuan bagi para peserta, sehingga nantinya mereka dapat memberikan solusi praktis terhadap permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat di wilayah mereka,” pungkasnya.

la juga menekankan bahwa Puskesos penting sebagai penghubung antara kebijakan pemerintah kota dan kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan pemahaman mengenai permasalahan sosial di Kota Kendari.

Dalam wawancara terpisah, Ridwansyah Taridala juga menyinggung tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dalam menangani permasalahan sosial.

Menurutnya, pemerintah daerah masih dihadapkan pada keterbatasan kemampuan dan sumber daya, meski secara nasional masalah sosial sudah diatur.

“Kita menjadi fasilitator di daerah untuk mengakomodasi masalah-masalah sosial dan mengusulkannya ke kementerian. Namun, kita masih menghadapi keterbatasan kemampuan daerah dalam menangani persoalan tersebut,” jelasnya.

Dengan dilaksanakannya Bimtek ini diharapkan Puskesos dapat mengoptimalkan fungsi dan peran mereka dalam menangani permasalahan sosial yang ada di kota Kendari.

PENULIS: TIL UMURI

REDAKSI

URL List

Komentar