Sosialisasi PROLEGNAS, Baleg DPR RI Kunker ke Sultra

Sekda Sultra, Asrun Lio saat memberi cinderamata mata kepada Ketua Tim Kunker Baleg DPR RI Achmad Baidowi di Aula Merah Putih, Rujab Gubernur Sultra, Senin (16/1)

SULAWESI TENGGARA – Kunjungan Kerja (Kunker) Badan Legislasi (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ke Sulawesi Tenggara (Sultra) tiba di bandara Halu Oleo Kendari, Senin (16/1/2023) pukul 12.41 Wita.

Saat tiba di Bandara Halu Oleo Kendari, Baleg DPR RI disambut dengan pengalungan selempang oleh Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra Ridwan Badallah yang didampingi Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sultra Muliadi.

Baleg DPR RI juga disambut langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio, setelah rombongan lepas dari Bandara HO.

Kunker tersebut dalam rangka Sosialisasi Tahap Pertama Program Legislasi Nasional (PROLEGNAS) Rancangan Undang-Undang (RUU) Prioritas tahun 2023 bertempat di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra.

Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Asrun Lio saat memberi sambutan dalam kunker Baleg DPR RI, di Aula Merah Putih, Rujab Gubernur Sultra, Senin (16/1)

Pada sambutannya, Sekda Sultra Asrun Lio mengatakan bahwa Prolegnas merupakan instrument perencanaan program pembentukan undang-undang yang disusun secara terencana, terpadu dan sistematis.

Sekda juga menyampaikan, Sultra merupakan daerah tahap pertama Prolegnas RUU Prioritas tahun 2023, karena Sultra sebagai salah satu Daerah Otonom dengan Karakteristik keunikan tersendiri, baik dari sisi kondisi geografis wilayah yang terdiri daratan dan kepulauan, juga dari sisi kondisi demografi yang plural dalam kemajemukan suku, budaya adat istiadat , agama, bahasa dan perbedaan struktur ekonomi penduduknya.

“Hal ini, tentu mempunyai kepentingan dengan 39 RUU yang masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2023, baik RUU yang menjadi usulan DPR RI, DPD RI maupun RUU yang diusulkan oleh Pemerintah Pusat,” kata Asrun Lio

Ketua Tim Kunker Baleg DPR RI Achmad Baidowi, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat Paripurna DPR RI yang lalu sebelum penentuan masa sidang, Baleg telah menyusun Prolegnas RUU Prioritas tahun 2023 sebanyak 39 RUU dan Prioritas RUU perubahan ke-4 tahun 2020-2024 sebanyak 259 RUU.

“Prolegnas tersebut telah ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI pada tanggal 15 Desember 2022,” jelasnya.

Ketua Tim Kunker Baleg DPR RI, Ahmad Baidowi

Lebih lanjut disampaikannya, berdasarkan Undang-Undang (UU) Pembentukan Peraturan UU bahwa Prolegnas prioritas bisa di ubah sewaktu-waktu sesuai dengan kesepakatan di DPR.

Dalam kegiatan sosialisasi Prolegnas DPR RI memiliki beberapa sasaran yang hendak dicapai, pertama, terjalinanya komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah terkait proses pembentukan UU yang sudah ditetapkan Prolegnas prioritas tahun 2023 dan Prolegnas RUU perubahan ke-4 tahun 2020-2024.

“Kedua, terserapnya aspirasi masyarakat di daerah dan pemerintah daerah yang memiliki kepentingan terhadap beberapa atau keseluruhan RUU yang ada Prolegnas prioritas tahun 2023 serta Prolegnas perubahan ke-4 tahun 2020-2024,” tutur Achmad Baidowi.

Turut hadir pada acara yang diselenggarakan di aula merah putih, antara lain; Asisten II Sekda Sultra, Asisten III Sekda Sultra, Kajati Sultra, Danrem 143 Halu Oleo, Kabinda Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, Danlanal Kendari, Danlanud Halu Oleo, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Prov. Sultra, Rektor Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton, Para Kepala Dinas dan Kepala Biro lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

URL List

Komentar