Armada “Kritis”, Sampah di Muna Capai 8 Ton Per Hari

Armada pengangkut sampah di Kantor DLH Muna

CEKFAKTA.CO.ID,. MUNA – Darurat sampah di Kabupaten Muna akhir akhir ini mulai teratasi. Di bawah komando LM Yakob, Bumi Sowite sedikit demi sedikit bisa dikata terbebas dari sampah. Ironisnya, Dibalik gencar gencarnya Muna bersih, Armada pengangkut yang digunakan sudah mulai “kritis” alias sakit sakitan.

Yakob tak menampik, jika saat ini banyak armada yang rusak. Dari delapan buah yang dioperasikan hanya satu terlihat kuat. sedangkan yang lainnya sudah ngos ngosan. Apalagi menurutnya, sampah di Muna ini tiap hari mencapai 6-8 Ton.

“Sampah di Muna tiap harinya 6-8 ton. Bukan hanya sampah rumah tangga tapi semua jenis sampah ada,” kata mantan Kadis Peternakan itu saat ditemui di ruangannya, Rabu (4/1/2023)

Untuk mengatasi itu, semua armada pengangkut di kerahkan meski banyak yang tidak stabil. Ia juga mulai menertibkan operasi armada yang dulunya mulai pukul 9 pagi, dan saat ini berubah jadi pukul 7 pagi.

Tak hanya itu, Yakob meminta kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan.

“Ada mobil yang sudah tidak bunyi bahkan tidak layak pakai. Namun kita tetap usahakan bunyi. Dan sampai saat ini jumlah sampah tidak sebanding dengan armada yang kita kerahkan,” bebernya

Lanjut Yakob, pihak Dinas Lingkungan Hidup sudah berupaya semaksimal munkin bekerja agar Muna bebas dari sampah. Pihaknya juga sudah membuat penerangan lampu jalan untuk mencegah sampah yang dibuang warga di malam hari.

“Untuk saat ini pelan pelan sampah di Muna mulai teratasi meski keterbatasan armada. Kami juga meminta kekompakan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan didalam kota Raha.” ujarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *