Expo Tiga Tahun “Tampil Manis”, Baubau Terus Bergerak Maju

Expo Tiga Tahun “Tampil Manis”, Baubau Terus Bergerak Maju

CEKFAKTA.CO.ID., BAUBAU – Dibawah pemerintahan Wali Kota AS Tamrin dan Wakil Wali Kota La Ode Ahmad Monianse atau yang dikenal dengan akronim Tampil Manis, Kota Baubau terus bergerak maju melakukan pembangunan.

Baubau yang semakin maju itu berdasarkan hasil pemaparan Wali Kota Baubau AS Tamrin saat Ekspos Kinerja Tiga Tahun Pemerintahan Tampil Manis di Gedung Maedani, Senin 18 Oktober 2021.

Iklan Muna

AS Tamrin menuturkan, kinerja pada usia tiga tahun kepemimpinan Tampil Manis ini menunjukan peningkatan dan capaian prestasi. Semua itu bisa dilihat dalam ekspos saat penyajian data-data perkembangan Kota Baubau selama tiga tahun terakhir (2018-2020).

Kata dia, banyak indikator-indikator capaian yang telah dicapai. Diantaranya capaian indikator makro, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meningkat menjadi 75,90 untuk tahun 2020 dari 74,67 untuk tahun 2018.

“IPM Kota Baubau ini berada diatas Provinsi Sultra 71,45 dan nasional 71,94. Selain itu, tingkat kemiskinan di tahun 2020 menurun 7,15 persen dari 7,57 persen pada tahun 2018,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini mengatakan, dalam rentan waktu tahun 2019-2020 di banyak segmen mengalami penurunan yang merupakan imbas dari pandemi Covid-19.

“Fluktuasi PAD Kota Baubau selama tiga tahun terakhir juga disebabkan terganggunya lingkungan strategis (lokal, nasional dan global),” katanya.

Selain capaian, AS Tamrin juga memaparkan rencana pembangunan infrastruktur prioritas. Diantaranya, jalan lingkar, gedung PO-5 center, gedung parkiran terintegrasi, program nasional pembangunan jembatan Buton-Muna, dan proyek propinsi penyelesaian pembangunan jalan by pass.

Baik yang sudah terbangun maupun yang akan dibangun dan sebagai panduan untuk melakukan pembangunan di sisa pemerintahan Tampil-Manis 2 tahun mendatang.

Laporan : Jelita

Editor : Yusrif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *