Sudarmanto Tegaskan Bakal Perjuangkan Usulan Dewan Guru di SMAN 9 Kendari

Anggota Komisi IV DPRD Sultra, Sudarmany, SE,. M.Si saat menggelar reses di SMAN 9 Kendari, Kamis (2/1/2). foto: cekfakta.co.id

SULAWESI TENGGARA – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sudarmanto, SE,. M.Si melaksanakan reses masa sidang I 2022-2023, di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Kendari. Kamis (2/2/2023).

Reses itu diawali dengan sambutan Kepala Sekolah 9 Kendari, Aslan, S.Pd,. M.Pd. Mewakili pihak sekolah, Aslan menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada Sudarmanto karena memilih sekolah yang dipimpinnya sebagai lokasi reses.

Di kesempatan itu, Aslan berharap agar kedepannya, sarana dan prasarana (Sarpras) sekolah dapat lebih diperhatikan lagi, khusunya, Ruang Kelas Belajar (RKB), pagar, dan parkiran.

“Sejak berdirinya ini pada 2005 yang lalu, sekolah ini telah dipimpin oleh 6 (enam) kepala sekolah. Namun masih banyak hal yang harus diperbaiki san diperhatikan,” kata Aslan.

Kemudian Aslan melanjutkan bahwa pagar sekolah tersebut kurang lebih 20 tahun belum pernah dibantu perbaikannya.

“Semoga dengan kehadiran bapak disini, dapat membawa angin segar buat kita semua, terutama hal-hal terkait pengembangan sekolah ini,” harap Aslan.

Sudarmanto mendengar aspirasi dewan guru saat reses yang dilaksanakan di SMAN 9 Kendari, Kamis (2/2). foto: cekfakta.co.id

Mengawali sambutannya, Sudarmanto mengatakan bahwa dirinya salah satu anggota legislatif provinsi yang kerap melaksanakan reses di sekolah-sekolah, karena salah satu tugas dan tanggungjawabnya menyangkut pendidikan.

Sudarmanto menjelaskan, reses merupakan salah satu wadah untuk bertemunya anggota legislatif dengan masyarakat di Daeah Pemilihan (Dapil)-nya  untuk menyerap aspirasi.

“Kenapa di sekolah, karena kami tidak mau meninggalkan dunia pendidikan karena background atau latar belakang kami adalah guru. Kami datang disini ingin mendengarkan langsung keluhan dewan guru SMAN 9 Kendari,” kata Sudarmanto menjelaskan.

Dikatakannya pula, dirinya kurang lebih 8 tahun menjadi anggota DPRD Sultra. Selain itu, kunjugan ke SMAN 9 Kendari ini bukan kali pertama. Di 2016 lalu, dirinya sudah pernah mengunjungi sekolah tersebut.

Untuk pembangunan pagar, dirinya mengaku telah memperjuangkan di anggaran 2019. Namun, harus di recofusing dan dialihkan di sektor kesehatan karena pandemi Covid-19.

“Bagaimana mau bicara mutu pendidikan, kalau sarpras sekolah tidak memadai,” kata Sudarmanto.

Dewan guru dan siswa SMAN 9 Kendari mendengarkan paparan Sudarmanto saat reses. foto: cekfakta.co.id

Dia berpesan kepada pihak sekolah, untuk bantuan aula dan RKB agar segera memasukan usulan program prioritas dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Sebab, sambungnya, dari hasil koordinasi dengan Dinas Pendidikan Sultra, program tersebut dapat direalisasikan jika usulan itu jika usulan itu masuk dalam database Dapodik.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sultra ini juga mengusulkan kepada pihak sekolah agar membuat daftar usulan yang masuk dalam skala prioritas.

“Hal itu dilakukan untuk memudahkan pihak legislatif dan eksekutif dalam mengalokasikan anggaran,” ujar Sudarmanto.

Diakhir, Sudarmanto menegaskan bahwa usulan pembuatan pagar dan lahan parkir akan segera dia realisasikan, melalui pembahasan perubahan anggaran tahun 2023.

“Ini akan kami perjuangkan dan memasukan anggaran pembangunannya,” kata Sudarmanto.

URL List

Komentar