Dua Korban Kecelakaan Longboat di Perairan Karang Masalekoe Ditemukan

Tim Rescue SAR Kolaka berhasil temukan korban kecelakaan Longboat di Perairan Karang Masalekoe, Jumat (6/1)

CEKFAKTA.CO.ID,. KOLAKA UTARA – Comm Center KPP Kendari menerima laporan dari Kepala Desa (Kades) Lambai, Kecamatan Ranteangin, Kolaka Utara (Kolut), Andi Baso Simpuang bahwa telah terjadi kecelakaan kapal, yaitu 1 buah Long boat Person On Board (POB) sekira pukul 3.00 WITA, Jumat (6/1/2023).

Kejadian tersebut bermula saat Longboat dengan POB 2 orang berangkat dari Siwa menuju Malombo, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka sekira pukul 23.00 pada 5 Januari 2023. Sekira pukul 3.00 WITA, Long boat tersebut dihantam gelombang sehingga mengalami kebocoran dan tenggelam.

Akibat kecelakaan tersebut 2 (dua) orang tenggelam disekitar perairan Karang Masalekoe, Kecamatan Lambai, Kolaka Utara (Kolut). Dua orang tersebut antara lain, Barahima (60) dan Ipdam (50).

Setelah menerima laporan, pada pukul 10.45 WITA tim Rescue POS SAR Kolaka diberangkatkan menuju Last Known Position (LKP) dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk memberikan bantuan SAR. Adapun jarak LKP dengan Pos SAR Kolaka yaitu 40 Nautical Mile (NM).

Pukul 14.30 WITA tim tiba di LKP dan langsung melakukan penyisiran. Selanjutnya, pada pukul 15.00 WITA tim menerima informasi dari Kapolsek Ranteangin yang melaporkan bahwa pada pukul 11.00 WITA, 2 orang korban telah ditemukan sekitar 20 NM arah barat laut dari LKP dalam keadaan selamat.

Saat ditemukan, kondisi korban dalam keadaan terapung diatas permukaan air dengan menggunakan alat bantu jerigen dan papan kayu. Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumahnya di Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian tersebut antara lain:
1. Pos SAR Kolaka
2. APos AL Kolaka
3. Polairud Polres Kolak
4. Polairud Siwa
5. Polsek Rante Angin
6. Nelayan Sekitar
7. Keluarga Korban

Alat yang digunakan :
1. RIB 1 Unit
2. Longboat 3 Unit
3. Peralatan pendukung lainnya

URL List

Komentar