Air Bersih dan Akses Internet jadi Prioritas Keluhan Warga Liangkabori dan Wali di Hadapan Ihsan Taufik

FOTO: Sosialisasi di Desa Liangkabori (kiri) dan Kelurahan Wali (kanan), Sabtu (17/6). dok: istimewa

CEKFAKTA.CO.ID,. MUNA – Bakal calon (Balon) Bupati Muna, La Ode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan terus bergerak untuk mendengarkan keluh kesah masyarakat di Bumi Sowite Kabuapaten Muna, yang nantinya akan dimasukan ke dalam visi misinya.

Ihsan bersama rombogan kali ini hadir di Desa Liangkabori Kecmatan Lohia, dan Kelurahan Wali Kecamatan Watopute, muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (17/6).

Desa Liangkabori

Di hadapan Ihsan, salah seorang warga Desa Liangkabori menyampaikan bahwa masyarakat setempat meupakan mayoritas petani dan penenun, sehingga dia yang mewakili masyarakat Liangkobori meminta bantuan modal, show room serta pemasaran hasil produksi.

Lebih jauh lagi, masyarakat menjelaskan, Lingkabori juga memiliki objek wisata geo park, oleh karena sangat dibutuhkan akses jalan yang baik untuk mencapai objek wisata tersebut.

”Kami juga membutuhkan pipanisasi untuk dapat mengalirkan air bersih di desa tetangga. Penampungannya sudah ada, tinggal cara untuk mengalirkannya,” kata salah seorang masyarakat Desa Liangkabori

Permasalahan berikutnya adalah, jaringan telekomunikasi dan internet. Dikatakannya, masih banyak siswa dan pelajar di desa tersebut yang mengeluhkan akses jaringan internet terutama untuk mengerjakan tugas sekolah.

” Sumber listrik dan penerangan jalan umum (PJU) di lingkungan situs rumah adat, bedah rumah, dan perbaikan sarana lapangan sepakbola,” katanya menyampaikan

Kelurahan Wali

Di hari yang sama, Ihsan Taufik juga menyambangi warga di Kelurahan Wali, Kecamatan Watopute. Disana Ihsan juga mendengarkan keluhan warga tentang sumber air bersih yagn ketersediaannya masih susah, sehingga banyak warga yang memilih membeli air bersih.

Senada dengan di Desa Liangkabori, masyarakat setempat juga meminta bantuan modal untuk memperancar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta regulasi yang berpihak pada penigkatan ekonomi desa.

“Gedung majelis ta’lim dan program bedah rumah juga,” kata masyarakat.

Menanggapi itu, Ihsan Taufik mengatakan seluruh keluhan dan persoalan yang terjadi di tampung dan nantinya akan di jadikan visi misi saat berkunjung berikutnya sebagai calon bupati.

Ihsan berharap, yang menjadi keinginan masyarakat bisa terwujud.

“Jadi pada setiap sosialisasi ini akan terus kami catat agar bisa mengetahui keinginan masyarakat di desa bangunsari ini,” kata Ihsan.

Laporan: Yusrif

URL List

Komentar