10 Unit Rumah di Kolaka Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai 1 Miliar Rupiah

FOTO: 10 unit rumah terbakar di Jalan Sunu, Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sultra, Minggu (14/5). dok: zikin

CEKFAKTA.CO.ID,. KOLAKA – Sekitar 10 rumah milik warga di kawasan padat pemukiman penduduk, Jalan Sunu, Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka habis terbakar, Minggu pagi (14/05/2023).

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 Wita, belum diketahui penyebab kebakaran, namun diduga sumber api berawal dari sebuah rumah yang ditinggal pemiliknya.

Salah satu warga, Hamrin mengaku sempat terkejut mendengar teriakan kebakaran dari luar rumah.

“Kejadiannya itu masih pagi sekitar 08.00 Wita, saya sempat kaget mendengar suara teriakan bahwa ada kobaran api dari salah satu rumah warga bernama Ambo Rappe,” katanya.

Hamrin menambahkan, sebelum pemadam kebakaran datang, warga sekitar sudah berusaha memadamkan api dengan cara seadanya.

“Memang mobil pemadam kebakaran Kolaka segara tiba di lokasi kejadian, tetapi tidak maksimal memadamkan api,” tambahnya.

Lurah Kolakaasi Mansur Lakay mengatakan, sekitar sepuluh rumah warga semi permanen ludes terbakar.

Mansur bilang, api dengan mudah merembes ke rumah yang ada di sebelahnya, karena kebanyakan rumah terbuat dari kayu yang mudah terbakar.

“Ada sekitar 10 rumah permanen dan semi permanen yang terbakar, diduga kebakaran terjadi karena arus pendek listrik dari salah satu rumah warga,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebanyak 5 (lima) unit mobil pemadam kebakaran Kolaka dan 1 (satu) dari PT Antam serta dibantu dengan masyarakat, akhirnya api berhasil dipadamkan

“Petugas berhasil memadamkan kobaran api setelah berjibaku selama hampir dua jam,” kata Mansur.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja, diperkirakan kerugian materi yang diderita mencapai Rp 1 miliar,” tambahnya

URL List

Komentar