Ini Alasan Ditunjuknya Koltim Jadi Tuan Rumah Pameran Pembangunan 2023

FOTO: Pj Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis saat berada disalah satu stand pameran pembangunan Halo Sultra, Kamis (11/5). dok: yusrif

CEKFAKTA.CO.ID,. KOLAKA TIMUR – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke 59, Kamis (11/5).

Puluhan stand pameran berjajar rapi, mulai dari Biro Sekretariat Sultra, BUMN, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) provinsi maupun kabupaten/ kota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio untuk meninjau tiap stand yang telah dimodifikasi semenarik mungkin oleh tiap-tiap OPD.

Ditemui usai meninjau stand pameran, Asrun Lio menyampaikan bahwa salah satu tujuan pameran ini adalah untuk menunjukkan produk-produk keunggulan masing-masing instansi maupun kabupaten/ kota.

“Tadi kita lihat ya, sejarah perjalanan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) dalam membangkitkan Sultra ini,” kata Asrun Lio saat diwawancarai.

Hal tersebut dapat terwujud, ungkap Asrun Lio, berkat adanya kerjasama dan kolaborasi yang baik anatara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dengan 17 kabupaten/ kota.

Alasan terpilihnya Koltim sebagai tuan rumah, lanjut Sekda, karena daerah tersebut telah siap dan dapat menyiapkan lahan seluas 8 hektar.

“Ini terencana ya. Jadi diantara beberapa kabupaten Kolt siap dengan lahannya ini yang 8 hektar. Karena tidak mudah untuk mendapatkan lahan seperti ini,” ungkap mantan Kadis Pendidikan Sultra ini.

Asrun bilang, dengan megah dan meriahnya pameran pembangunan ini, menunjukkan bahwa di usia yang ke 59 Sultra telah matang dalam menyiapkan semuanya.

Sekda juga mengapresiasi penyiapan lokasi yang dilakukan oleh Pemda Koltim.

Di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Koltim Abdul Azis mengatakan bahwa setelah ditunjuknya daerah tersebut sebagai tuan rumah pelaksanaan pameran pembangunan 2023, jajaran OPD bekerja keras untuk menyiapkan segala sesuatunya, termasuk lapangan seluas 8 hektar itu.

“Dengan keterbatasan yang ada, pemda sudah maksimal mempersiapkan semua yang ada di venue hari ini,” kata Abdul Azis

“Kendala kita ini hanya hujan, tapi inikan kehendak yang maha kuasa. Kita hanya berusaha. Jadi awalnya kita siapkan 10 pawang hujan tapi tidak mampan, kita tambah 5 lagi, jadi totalnya semua 15 pawang,” ujar Pj Bupati seraya tertawa.

URL List

Komentar