Serah Terima PKM di Morowali, PT Vale Wujudkan Komitmennya di Bidang Kesehatan

PT Vale melakukan serah terima PKM bersama Pemda Morowali

SULAWESI TENGAH – Bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale). Hal itu diwujudkan lewat pelaksanaan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di semua wilayah kerjanya, termasuk di Site Morowali.

Terbaru, PT Vale melaksanakan kegiatan Serah Terima Renovasi Hibah Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Bahomotefe kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Morowali yang ditandai dengan penandatanganan Serah Terima Berita Acara dan Prasasti, Selasa (21/3/2023), di Bahomotefe, Bungku Timur, Morowali, Sulteng.

Serah terima dilakukan langsung oleh Project Director Indonesia Growth Project (IGP) Site Morowali, Topan Prasetyo kepada Bupati Morowali Taslim yang disaksikan oleh Wakil Bupati Najamudin.

Turut hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Morowali Ashar M Maruf, jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala PKM Bahomotefe Hartia, Camat Bungku Timur, jajaran Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua PKK, serta para leader PT Vale.

Atas komitmen PT Vale dalam mewujudkan program CSRnya di Morowali, Bupati Taslim menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya.

Apalagi, kata dia, bantuan CSR yang diterima menyangkut salah satu kebutuhan mendasar masyarakat yakni layanan kesehatan.

“Terima kasih kepada PT Vale yang sudah memberikan perhatian kepada kecamatan (Bungku Timur) sehingga memggelontorkan biaya sangat besar untuk memperbaiki Puskesmas,” ungkap Bupati.

Dia menilai, PKM Bahomotefe kini menjadi salah satu yang terbaik usai renovasi, terlebih didukung oleh tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 80 orang.

“Fasilitas yang baik ini, tenaga yang banyak, kalau tidak didukung dengan komitmen yang baik, harapan kita tidak bisa terwujud. Semoga bisa menjaga dan merawat fasilitas yang ada agar pasien tetap bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik,” jelas Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Taslim menyampaikan jika kehadiran PT Vale di Morowali yang diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan lain, baik dari sisi implementasi program Corporate Social Responcibility (CSR) maupun dalam pertambangan berkelanjutan.

“Mudah-mudahan eksisnya PT Vale bisa menjadi contoh dan indikator bagi perusahaan lain dan pemerintah, baik dalam penerapan CSR maupun bagaimana menambang yang baik,” ungkapnya

Sementara itu, Project Director PT Vale IGP Site Morowali Topan Prasetyo memaparkan, renovasi puskesmas Bahomotefe adalah salah satu kontribusi dan dukungan sarana pendukung kesehatan yang dihadirkan melalui Program PPM PT Vale bidang kesehatan, dimana aspek kesehatan menjadi salah satu prioritas perseroan.

Topan Prasetyo menuturkan, khusus untuk alokasi renovasi Puskesmas Bahomotefe alokasi anggarannya mencapi Rp4,2 miliar dengan pembiayaan meliputi pekerjaan sipil, yakni renovasi gedung, konstruksi fasilitas toilet baru dimana tiap ruang perawatan sudah dilengkapi toilet, pembuatan pagar pkm, pekerjaan electrical, pekerjaan mekanikal, dan pekerjaan arsitek.

“Besar harapan kami, fungsi Puskesmas Bahomotefe sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat semakin meningkat dan semakin kuat bagi Morowali, utamanya di wilayah kerjanya yang juga masuk dalam area Pemberdaayaan PT Vale Indonesia.Tentunya, kesehatan yang baik akan semakin membawa kita menuju kesejahteraan, bersama,”paparnya.

Topan Prasetyo menuturkan, dukungan PT Vale di bidang kesehatan juga menjadi bagian dari komitmen untuk memenuhi aspek ESG. E adalah environment atau lingkungan, S – sosial, dan G – governance, atau tata kelola.

Aspek ESG ini akan selalu ada pada operasi kami, di manapun kami berada, termasuk di Kabupaten Morowali.

Tak hanya di bidang kesehatan, program PPM PT Vale juga melingkupi dukungan untuk para petani, pendidikan Vokasional, keagamaan, pelestarian budaya, infrastruktur desa, dan peningkatan kapasitas perangkat desa maupun aparat desa.

“Saya mewakili manajemen dan keluarga besar PT Vale, menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati, Bapak/Ibu Forkopimda, Para Kepala Dinas, Camat, Kepala Desa, Ibu PKK dan para pemangku kepentingan, yang telah berjalan bersama untuk inisiatif kebaikan yang kami gelontorkan,” ucapnya

“Terima kasih juga secara khusus, kepada Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, para tenaga kesehatan, rekan-rekan kontraktor dan karyawan PT Vale yang telah bekerja keras dengan ikhlas dan tulus selama proses renovasi Puskesmas Bahomotefe berlangsung,” sambungnya

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Bahomotefe Hartia juga menyampaikan, jika andil PT Vale sangat besar dalam mengubah fasilitas layanan Puskesmas yang dipimpinnya. Dahulu, jika hujan kondisi Puskesmas sangat memprihatinkan. Kini, setelah dibantu PT Vale semuanya menjadi semakin baik.

“Puskesmas ini dulunya sangat memprihatikan. Kalau hujan banjir di dalam ruangan, hingga menghambat pelayanan. Renovasi ini diluar ekspektasi, dan sangat membantu pelayanan kesehatan ke masyarakat,” ungkap Hartia, disela-sela media visit PT Vale medio, Februari 2023.

Publisher: YRA

URL List

Komentar