Hadapi Pemilu 2024, LA: Kami Target 100 Kursi

Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra, Lukman Abunawas saat ditemui usai pembukaan konsolidasi partai, di Hotel Claro Kendari, Senin (6/3). foto: yusrif/ cekfakta.co.id

SULAWESI TENGGARA – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan konsolidasi perekrutan bakal calon legislatif (Bacaleg) tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Sultra.

Konsolidasi tersebut dihadiri langsung Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Bidang Pariwisata, Wiryanti Sukamdani bersama Syukur Nababan, di Hotel Claro Kendari, Senin (6/3/2023).

Ketua DPD PDIP Sultra, Dr H Lukman Abunawas (LA) menjelaskan bahwa konsolidasi dan penyusunan bakal calon (Balon) ini dalam rangka menindaklanjuti hasil verifikasi tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang sebelumnya telah dilaksanakan.

“Sebelumnya kami sudah menyeleksi atau melakukan verifikasi per kabupaten, kota dan provinsi, selanjutnya dilakukan penyusunan,” kata Wakil Gubernur Sultra itu saat ditemui usai pembukaan konsilidasi PDIP

LA menerangkan, saat ini anggota legislatif PDIP Sultra baik yang lolos di pusat, provinsi dan kabupaten/kota se-Sultra berjumlah 69 orang.

“Insha Allah kami targetkan dalam pileg Februari 2024 mendatang, dari 69 kursi yang ada, baik itu anggota DPRD provinsi, kabupaten kota, dan pusat kami target naik dua kali lipat. Kami memproyeksikan dan menargetkan sebanyak 100 kursi,” tutur LA.

Proyeksi ini, lanjutnya, untuk tingkat provinsi dari lima kursi. Pihaknya menargetkan sembilan hingga sepuluh kursi. Kemudian untuk tingkat DPR RI dari satu menjadi dua kursi.

Demikian pula, di kabupaten dan kota dari yang tiga menjadi lima, dan yang lima ditargetkan tujuh. “Kami target perolehan kursi dua kali lipat. Misalnya, kalau dari satu bisa menjadi tiga,” kata LA.

Penyusunan balon legislatif ini semua sudah terpenuhi, baik jumlah bakal calon hingga keterwakilan perempuan juga sudah tidak ada masalah, baik dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dan kota.

“Untuk konsolidasi partai dari awal kami sudah laksanakan, baik di tingkat PAC hingga tingkat Ranting desa dan kelurahan,” ujarnya.

LA menegaskan bahwa dirinya siap untuk maju dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub), namun saat ini, dirinya masih belum berkosentrasi kesana.

“Untuk kesiapan Pilgub kita belum konsen kesana masih fokus di Pileg dulu. Karena bagaimanapun juga tahapannya pemilihan legislatif duluan, dan legislatif menentukan untuk pintu kita. Yang jelas saya siap maju Pilgub Sultra,” tegas Lukman Abunawas.

URL List

Komentar