Pemda Kolut Kembali Raih Adipura, Parinringi Sebut Perjuangan Kepala Daerah Sebelumnya

Pemda Kolut kembali raih Adipura yang ke 6 kalinya

KOLAKA UTARA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) kembali meraih penghargaan Adipura yang ke 6 kalinya. Penghargaan berkat kerja keras dan saling support semua pihak.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Kolut, Parinringi mengatakan bahwa hasil yang dicapai tersebut merupakan buah kerjasama seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah berpartisipasi menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

“Khususnya di Kota Lasusuan yang menjadi titik penilaian tertinggi,” kata Parinringi.

Parinringi menyebut, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari perjuangan kepala daerah sebelumnya.

Penghargaan Adipura yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian LHK merupakan bentuk apresiasi bagi kota atau kabupaten di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Pejabat Bupati Kolut Parinringi, sejak dilantik dan ditugaskan pada Agustus 2022 telah memprioritaskan program Selasa Bersih dan Jumat Sehat, yang rutin dilaksanakan.

“OPD cukup terbantu dengan program tersebut, khususnya Dinas Lingkungan Hidup, dalam mengatasi dan mengantisipasi titik pantau penilaian Adipura itu sendiri,” ucapnya

Dalam program Selasa Bersih, lanjut Parinringi, tidak hanya melibatkan OPD, namun juga para camat, lurah san kepala desa untuk bertanggung jawab atas wilayahnya agar melakukan pembersihan minimal 1-2 jam.

“Pencapaian penghargaan Adipura dapat dipertahankan dan ditingkatkan agar kedepan Kolut bisa meraih Adipura Kencana seperti daerah lain di Indonesia,” harapnya

Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutannya mengingatkan para kepala daerah terkait pengelolaan lingkungan di wilayah masing-masing. Kata dia, tidak ada upaya pembakaran di TPS dengan cara mengoptimalisasi penanganan.

“Terterima kasih kepada semua pemda yang hadir. Kami harapkan pengelolaan lingkungan semakin lebih baik kedepannya,” ujarnya

Publisher: YRA

URL List

Komentar