Gelar Penyuluhan Kemahiran Berbahasa, Kepala KBST: Tingkatkan Fungsi Bahasa Indonesia

Penyuluhan kemahiran berbahasa bagi wartawan se Kota Kendari yabg diselenggarakan oleh KBST, di Hotel Same. Kamis (23/2)

SULAWESI TENGGARA – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (KBST) menyelenggarakan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Wartawan se Kota Kendari.

Kegiatan itu dilaksanakan di Same Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (23/2/2023).

Kepala KBST, Uniawati mengatakan bahwa dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan dan menumbuhkan sikap positif masyarakat terhadap Bahasa Indonesia.

Sehingga, lanjutnya, dapat mewujudkan peningkatan fungsi Bahasa Indonesia.

Uniawati bilang, dijadikannya wartawan sebagai sasaran kegiatan itu karena, pihaknya menginginkan agar media dapat menjadi corong, serta bisa memberitakan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

“Ketika berbicara tentang kebahasaan, semuanya ter-include di dalamnya, baik itu, ejaan, diksi, ataupun kalimatnya,” kata Uniawati saat diwawancarai.

Disampaikannya juga, pihaknya tidak mencampuri terkait substansi berita yang dimuat oleh media, namun menurutnya sangat penting penggunaan bahasa yang benar dalam suatu berita.

“Kadang-kadang ada penyampaian informasi yang menjadi bias ketika sampai ke pembaca karena penggunaan bahasanya yang tidak tepat,” ucapnya.

Dia mengharapkan agar media memanfaatkan penggunaan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan informasi secara efektif.

“Oleh karena itu kami menganggap perlunya ada pemahaman terkait kebahasaan,” ujarnya.

URL List

Komentar