Dorong Pengutamaan Penggunaan Bahasa, KBST Gelar Pelatihan bagi Tenaga Kependidikan

Kepala KBST, Uniawati saat memberi pelatihan penggunaan bahasa bagi tenaga kependidikan di Kota Kendari, yang laksanakan selama tiga hari

SULAWESI TENGGARA – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (KBST) melaksanakan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru di Kota Kendari.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, sejak 20 sampai 22 Februari 2023 di Aula Kandai Kantor Bahasa Sultra itu, diikuti oleh 40 orang yang terdiri atas kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha SMP/SMA dari 15 sekolah binaan KBST yang ada di Kota Kendari.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala KBST, Uniawati. Dalam sambutannya, Kepala KBST mengatakan kegiatan ini merupakan keberlanjutan program KBST tahun lalu berupa program pengutamaan bahasa negara pada 45 lembaga.

“Harapan kami adalah para guru dapat mempertahankan komitmen dan semangat kita bersama dalam menjalankan program pembinaan lembaga ini,” papar Uniawati.

Lembaga pendidikan yang telah mengikuti program pembinaan ini sejak 2022 diharapkan dapat terus meningkatkan fungsi pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah masing-masing, baik di ruang publik maupun dalam dokumen lembaga. Penyuluhan ini juga sebagai upaya mendukung peningkatan kemampuan berbahasa yang baik di lembaga terbina.

Dalam kegiatan ini disampaikan materi “Kebijakan Kebahasaan KBST” oleh Dr. Uniawati, S.Pd.; “Kaidah Bahasa Indonesia Ejaan, Bentuk dan Pilihan Kata” oleh Jamaluddin M., S.S., M.Hum.; “Apresiasi Sastra” oleh Cahyo W.P. Antomo, S.S.; dan materi terakhir, yaitu “Kalimat dan Paragraf”.

URL List

Komentar