Siapkan Alat Pertanian dan Pupuk, Parinringi: Demi Kepentingan Masyarakat

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi mengikuti panen raya di Desa Wawo, Kecamatan Wawo. Senin (13/2). foto ist

KOLAKA UTARA – Untuk meningkatkan hasil panen tanaman padi yang menjadi prioritas di Kolaka Utara (Kolut), serta untuk mendukung percepatan produksi di sector pertanian, Penjabat (Pj) Bupati Parinringi mengadakan alat dan mesin pertanian.

“Selain alat dan mesin pertanian khususnya tanaman padi, kami juga menjamin ketersediaan pupuk dan racun hama untuk peningkatan hasil panen padi yang maksimal,” kata Parinringi usai panen padi di Desa Wawo, Kecamatan Wawo, Senin (13/2/2023)

Parinringi menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten (Pemkab) berkewajiban menjamin kebutuhan pokok masyarakat.

Parinringi bilang, Dinas Pertanian harus tanggap dan melakukan pengawasan langsung, dan mendengar keluhan masyarakat, baik pengairan, ketersediaan pupuk atau hal lainnya. Dirinya berjanji agar petani padi bisa panen melebihi dari tahun – tahun sebelumnya.

“Kami tidak pernah mundur selangkah pun, demi kepentingan masyarakat,” tegas Parinringi

Untuk panen padi berlimpah, pihaknya telah menyediakan pupuk subsidi sebanyak 1093,76 ton yang akan dibagikan ke masyarakat petani padi se Kolut

Pemda Kolut, akan berikan dukungan penuh terhadap masyarakat Wawo dan kecamatan lainnya dalam bidang pertanian, dan berharap beberapa dinas dapat bekerja sama untuk membantu keberhasilan kegiatan tersebut.

Dari data dinas terkait, lanjut dia, luas lokasi persawahan di Kecamatan Wawo mencapai 109,62 hektar yang tersebar di Desa Latawe, Walasiho, dan Wawo. Panen perdana  di tahun ini di Desa Wawo seluas 79 hektar.

“Diprediksi hasilnya sebanyak 479 ton gabah,” ungkapnya.

Publisher: YRA

URL List

Komentar