Kerugian Ditaksir Capai Ratusan Juta Rupiah dalam Insiden Kebakaran di Kota Kendari

Tampak puing-puing bangunan akibat kebakaran pagi dini hari di Jalan Brigjen Muh. Yasin, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Kamis (9/2). foto: humas polresta kendari

KENDARI – Pagi dini hari sekira pukul 5.30 WITA, sebuah rumah, 2 (dua) unit kios dan gudang barang bekas dan bahan bangunan hangus terbakar di Jalan Brigjen Muh. Yasin, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/2/2023).

Dalam laporan tertulisnya, Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta) Kendari, Kombes Pol Eka Faturrahman menjelaskan bahwa menurut seorang saksi Asriani (30) pada pukul 6.30 WITA, dirinya mendengar suara ketukan pintu dari rumah milik Jusmadin (52). Kemudian dia mencoba melihat dari sela dinding papan, dan terlihat kobaran api. Asriani kemudian bergegas membangunkan suaminya.

Setelah itu, dia dan suaminya berlari keluar dari kios dan berusaha mengeluarkan barang-barang dagangannya.

Faturrahman menyebut, kejadian bermula pada pukul 06.30 Wita, Saksi Asriani (30) mendengar suara ketukan pintu dari rumah tinggal milik Jusmadin. Kemudian mencoba mellihat melalui selah dinding papan kayu dan melihat kobaran api lalu kemudian saksi membangunkan suaminya.

Sementara itu menurut saksi lainnya Iwan (48), dirinya hendak jalan-jalan pagi dari rumahnya menuju arah RS Aliyah III. Saat sedang berjalan, Iwan melihat kobaran dari atap rumah milik Jusmayudin (52).

“Iwan kemudian kembali ke rumahnya untuk mengambil kunci kios lalu menuju kiosnya dan melihat api semakin membesar dan merembet ke kios dan gudang milik RS Aliyah III,” kata Faturrahman.

Disampaikannya lagi, sekitar pukul 6.00 WITA, dua unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dibantu satu unit water cannon milik Brimob tiba di lokasi kejadian dan berhasil memadamkan api.

“Penyebab kebakaran secara pasti belum diketahui, namun dugaan sementara akibat arus pendek,” kata Faturrahman.

Faturrahman bilang, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun kerugian materil diperkirakan mencapai sekitar Rp.500 juta. Selain itu, juga berkas/ dokumen lainnya, seperti ijazah dan buku nikah ludes terbakar.

“Langkah yang diambil pihak kepolisian dalam insiden tersebut, yakni mendatangi, mengamkan TKP serta mengambil keterangan korban dan saksi,” ujar Eka Faturrahman.

Adapun identitas korban dalam insiden kebakaran itu, yaitu Jusmayudin (52), Jumardin (38), Iwan (48), RS Aliyah III sebagai pemilik gudang barang bekas dan bahan bagunan.

Publisher: YRA

URL List

Komentar