Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan

Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan. FOTO: ISTIMEWA

NASIONAL – Minuman beralkohol merupakan minuman yang memiliki etanol. Etanol merupakan bahan psikoaktif yang jika dikonsumsi dapat menimbulkan penyusutan pemahaman. Di bermacam negeri, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke beberapa golongan saja, biasanya orang- orang yang sudah melewati batasan umur tertentu.

Sempat berfikir kalau alkohol mempunyai dampak beresiko untuk kesehatan badan? Dikala ini mulai banyak umur anak muda yang berani berupaya minuman keras hanya karena rasa ingin tahunya tanpa memikirkan dampaknya.

Banyak yang belum menguasai apa bahaya dibalik mengkonsumsi minuman keras dalam jangka panjang untuk kesehatan. Alkohol menjadi hal negatif dari kasus kesehatan yang hendak timbul.

Jenis Minuman Beralkohol Serta Kandungannya

Bir dan Wine

Bir

Bir merupakan minuman alkohol pertama yang beredar di pasaran serta bir merupakan minuman beralkohol tertua dalam sejarah. Bir sendiri termasuk ke dalam minuman keras golongan A (kadar alkohol yang paling rendah) dengan kadar mulai dari 4 hingga 6 persen. Bir dibuat dari hasil fermentasi biji-bijian seperti gandum, beras, jagung, dan lain sebagainya. Dilakukan brewing dalam proses fermentasinya.

Wine

Wine merupakan minuman alcohol yang sering beredar di pasaran wine juga dibuat dari fermentasi buah anggur. Proses fermentasi ini biasa menggunakan bantuan ragi bernama saccharmoysces cerevesiae. Untuk menghasilkan anggur yang bagus dibutuhkan waktu hingga berbulan-bulan lamanya.

Bahkan beberapa jenis anggur diperkaya dengan alkohol yang disuling. Contoh jenis anggur yang disuling seperti Port, Madeira, Marsala, Vermouth, dan Sherry. Jenis anggur tersebut biasanya memiliki sekitar 20 persen. Sedangkan kandungan alkohol dalam anggur sendiri lebih besar dari bir, yaitu 8 hingga 14 persen

Vodka

Vodka merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari biji-bijan yang difermentasi. Vodka dibuat dari penyulingan pati atau gula dari biji-bijian seperti gandum hitam dan jagung yang sudah difermentasi sebelumnya. Vodka termasuk dalam minuman dengan kadar alkohol yang tinggi. Cairannya yang bening tidak berwarna ini mengandung kadar alkohol sebesar 35 hingga 60 persen.

Penyakit yang disebabkan oleh Minuman beralkohol

Banyak yang belum menguasai apa sesungguhnya akibat yang hendak ditimbulkan sebab mengkonsumsi minuman keras dalam jangka panjang. Anak muda cuma memikirkan kesenangan sesaat sehabis komsumsi minuman keras. Tetapi sesungguhnya kehancuran bermacam organ mengintai para anak muda ini di masa yang hendak tiba.

Penyakit yang dapat disebabkan dari mengonsumsi minuman beralkohol adalah:

  1. Penyakit hati

Jika minuman beralkohol dikonsumsi dengan banyak dapat menyebabkan penyakit hati yang dimana ketika alkohol dikonsumsi, alkohol akan terserap ke dalam aliran darah, kemudian terkumpul di hati untuk dipecah dan dinetralkan agar dapat dibuang dari tubuh. Tetapi kemampuan hati dalam memproses alkohol sangat terbatas. Jika alkohol yang diminum lebih banyak dari yang bisa diolah oleh hati, maka kadar alkohol dalam darah akan meningkat.

  1. Kanker

Jika semakin sering anda mengkonsumsi minuman beralkohol maka anda akan terkena penyakit kanker dan meninggal dunia akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Jenis kanker yang dapat timbul akibat terlalu sering menkomsumsi alkohol salah satunya adalah kanker hati, selain kanker hati bisa jadi kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker usus besar, bahkan kanker payudara.

Pemakaian minum minuman keras pada pelajar yang cenderung hadapi kenaikan. Masa pelajar yang ialah masa peralihan dari masa anak- anak ke masa berusia sangatlah berarti untuk dicermati, masa depan orang sangat bergantung pada penyelesaian krisis pada masa ini. Pemakaian minum minuman keras yang cenderung membagikan akibat kurang baik kepada pelajar sangatlah butuh diberikan atensi yang lebih dari bermacam pihak, supaya pelajar dampat tumbuh lebih maksimal. Penangkalan pemakaian minum minuman keras dibutuhkan kedudukan dari bermacam pihak, kedudukan orang tua, lembaga- lembaga pembelajaran, warga, serta pihak yang berwajib sangat dibutuhkan kerjasamanya supaya penangkalan yang dicoba bisa terlaksana dengan optimal.

Penulis: Husna Nabila

URL List

Komentar