Gubernur Ikuti Pertemuan Lanjutan dengan URI USA

Pertemuan antara Pemprov Sultra dan URI USA dalam rangka kelanjutan dari hasil penandatangan MoU sebelumnya pada Oktober 2019 antara pihak URI USA dan Pemprov Sultra, di The Darmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (18/1). foto: biro adpim pemprov sultra

SULAWESI TENGGARA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali mengadakan pertemuan dengan pihak The University Of Rhode Island (URI) Amerika Serikat (USA).

Pertemuan kali ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sultra H. Ali Mazi, S.H. dan President URI Marc Brendan Parlange, yang diselenggarakan di The Darmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2023).

Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari hasil penandatangan MoU sebelumnya pada Oktober 2019 antara pihak URI USA dan Pemprov Sultra.

Sebelumnya pula pada 2 November 2022, pihak Pemprov Sultra pernah menerima kunjungan dari URI USA yang diterima langsung oleh Pj Sekda Sultra Drs. Asrun Lio di Kantor Gubernur Sultra.

“Pemprov Sultra tentu menyambut baik dan sangat mengapresiasi terlaksananya pertemuan ini dalam rangka membahas kelanjutan kerjasama dengan Universitas Rhode Island Amerika Serikat, yang nota kesepahaman atau MoU-nya telah ditandatangani bersama pada 2019 yang lalu,” ungkap Gubernur.

Beberapa poin yang menjadi kesepakatan bersama sebelumnya antara kedua belah pihak yaitu terkait pengelolaan air bersih, pengembangan pariwisata, pengembangan perikanan dan kelautan, serta peningkatan kapasitas SDM (Shortcourse/ Seminar / Bimtek).

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan, pada pertemuan kali ini akan membahas secara detail mengenai peluang kerjasama antara Pemprov Sultra dan URI USA tahun 2023, yaitu kerjasama revitalisasi kawasan teluk kendari, pengembangan potensi wisata bahari, penanganan air bersih dan lingkungan laut di kawasan pertambangan, kerja sama pengembangan SDM (Shortcourse/ Seminar / Bimtek), dan kerja sama perguruan tinggi kelautan di Sultra.

Sekda Sultra, Asrun Lio sedang menjelaskan potensi-potensi yang ada di Sultra. foto: biro adpim pemprov sultra

Berangkat dari hal tersebut, Pemprov Sultra dan URI USA membangun kerjasama dengan Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton untuk pengembalian kualitas SDM di bidang kelautan dan perikanan.

Selain itu, juga untuk penanganan masalah air bersih di wilayah pesisir, manajemen limbah (plastik, industri, dan industri pertambahan), melalukan pertukaran mahasiswa, membangun industri terbesar di kawasan timur Indonesia, bekerjasama dengan Bappenas dan Bank Dunia.

“Kiranya ini menjadi penting soal pengelolaan limbah industri. Terkhusus di Sultra terkait limbah pertambangan. Bagimana agar kita tetap menjaga alam kita baik air permukaan, air dalam tanah dan juga air laut kita harus tetap terjaga,” Lanjut Gubernur menjelaskannya.

Selain itu, Gubernur berharap kedepan dapat membangun kerja sama yang lebih luas, karena Sultra memiliki banyak potensi dan sumber daya yang dapat dikerjasamakan untuk kemajuan bersama,” ucap Ali Mazi.

Ditempat yang sama delegasi URI USA menyampaikan bahwa pihaknya siap membangun kerjasama dengan Pemprov Sultra dalam berbagai hal yaitu, rumah sakit jantung Oputa YI Koo, sistem pengelolaan perpustakaan modern, pengembangan potensi kelautan dan perikanan.

Foto bersama Pemprov Sultra dan URI USA usai pertemuan. foto: biro adpim pemprov sultra 

Hal itu dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah dan kesehatan masyarakat, penanganan masalah pesisir dengan menyediakan air bersih, menangani limbah dan mendaur ulang limbah plastik termasuk menangani limbah pertambangan.

“Bappenas siap membantu jajaran Pemerintah Daerah Sultra untuk menempuh pendidikan di Rhode Island University, Amerika,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, juga dihadiri Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Ketua Yayasan Institut Teknologi Kelautan Buton, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Sultra, Kepala Bappeda Sultra, Kepala BPSDM, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Pariwisata, serta Kepala Dinas Cipta Karya Sultra.

Sedangkan delegasi URI USA, dihadiri oelh Elizabeth Breul O’Rourke – President Foundation of The University of Rhode Island, Michele Ann Nota -Vice President of Foundation & Alumni, The University of Rhode Island, Kristin Patricia Johnson – Vice Provost of Global, The University of Rhode Island, John Ducote Kirby – Dean, Director, AES and CE, College of The Environment and Life Sciences, Epaul Larrat – Dean College of Pharmacy of The University of Rhode Island, Vinka Oyanedel Craver – Professor & Associate Dean of Research Civil & Environmental Engineering. (Biro Adpim Prov. Sultra).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *