Pemda Konkep Pastikan Asrama Mahasiswa Bakal Difungsikan

Asrama mahasiswa Wawonii bakal. (gambar istimewa)

CEKFAKTA.CO.ID,. KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya  mewujudkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terkhusus mahasiswa Wawonii.

Selain menggelontorkan anggaran beasiswa Wawonii Cerdas kurang lebih 6 miliar setiap tahunnya, kini pemkab juga membangun asrama mahasiswa Wawonii di Kota Kendari.

Namun pembangunan asrama tersebut menuai pertanyaan, karena hingga saat ini belum dimanfaatkan oleh mahasiswa yang berhak menempati berdasarkan seleksi yang telah disepakati.

Namun hingga saat ini asrama tersebut belum ditempati oleh mahasiswa, dikarenakan aliran listriknya masih dalam proses pemasangan. Selain itu, jalan masuk utama asrama yang masih melintasi lahan masyarakat.

Asisten Administrasi Umum dan Keuangan Setda Ko Konkep, Mahmud mengatakan bahwa asrama dengan kepasitas yang mampu menampung 40 mahasiswa itu akan segera difungsikan setelah dilakukan penambahan daya listrik.

“Alhamdulillah sudah dikomunikasikan ke pihak PLN supaya cepat ditindaklanjuti penambahan dayanya, supaya jangan sampai terkesan mubazir lagi, karena barang-barang sudah ada, fasilitas pendukung di dalamnya sudah terpenuhi, termasuk ranjang atau tempat tidur, meja belajar dan kelengkapan lainnya,” katanya.

Selain itu pihaknya juga sedang dalam proses pembicaraan kepada masyarakat terkait penggunaan bahu jalan untuk jalur utama masuk ke asrama.

“Karna anggaran pembangunan asrama ini berasal dari APBD, tentu akan ada lintas kepentingan di dalam, salah satunya adalah penggunaan bahu jalan, tentu harus ada persetujuan dari pemilik lahan, karna jika tidak akan menimbulkan dampak hukum,” ungkapnya.

Mantan Kabag Umum Setda Konkep itu juga mengaku, dalam waktu dekat ini pemkab akan membahas pengelolaan asrama mahasiswa tersebut, termasuk jumlah persebaran mahasiswa di setiap kecamatan.

“Akan disesuaikan porsi keterwakilan mahasiswa di masing-masing kecamatan, mulai dari mahasiswa yang berprestasi secara akademik, maupun olahraga. Serta memberikan kesempatan kepada keluarga kita yang yatim piatu dan kurang mampu dari sisi ekonomi, termasuk penunjukan salah satu ASN di lingkup Pemkab Konkep sebagai kepala asrama,” ungkapnya.

“Saya juga berharap kepada teman-teman mahasiswa agar sabar dan percayakan kepada pemda untuk bekerja,” ujarnya seraya menutup wawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *