Resmikan Gedung Sekolah di Kota Kendari, Begini Harapan Sekda

Penyambutan Sekda dan Ketua DPRD Kota Kendari dalam kegiatan peresmian gedung sekolah se Kota Kendari, di SMPN 13 Kendari, Senin (9/1). foto istimewa 

CEKFAKTA.CO.ID,. KENDARI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari Subhan meresmikan pembangunan dan rehabilitasi gedung sekolah tingkat TK/PAUD, SD dan SMP se-Kota Kendari yang berlangsung di halaman SMP Negeri 13 Kendari, Senin (9/01/2023).

Mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Ridwansyah Taridala mengharapkan pembangunan dan rehabilitasi gedung sekolah di Kota Kendari dapat memberikan harapan pada peningkatan proses belajar mengajar.

“Saya harapkan fasilitas tadi yang merupakan sarana pendidikan pelajar bisa berguna untuk mendukung proses belajar mengajar,” katanya usai meresmikan pembangunan dan rehabilitasi gedung sekolah.
Sekda juga mengatakan bahwa pemkot terus mendukung adanya perbaikan untuk meningkatkan layanan mutu pendidikan.

“Kita Insya Allah Pemkot Kendari sesuai dengan kemampuan daerah kita Insya Allah komit untuk menyiapkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan daerah, Alhamdulillah ini melalui DAK,” jelasnya

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Saemina dalam laporannya mengatakan, bantuan pembangunan dan rehabilitasi ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala memberi sambutan dalam acara peresmian gedung sekolah se Kota Kendari, di SMPN 13 Kendari, Senin (9/1)

Harapannya, lanjut Saemina, dengan DAK ini dapat membantu sekolah dalam memenuhi standar pelayanan minimal dan mampu mencapai standar nasional pendidikan serta mampu menekan angka putus sekolah di Kota Kendari.

“Melalui sarana dan prasarana serta dalam meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan di Kota Kendari ini, yang juga diharapkan akan berdampak pada peningkatan angka partisipasi pendidikan jenjang PAUD, SD dan SMP dan angka putus sekolah,” ungkap mantan kepala SMPN 2 Kendari ini.

Saemina bilang, DAK ini dipergunakan untuk peningkatan proses belajar mengajar pada tiga jenjang pendidikan, dengan rincian yaitu.

Pertama adalah alokasi anggaran DAK 2022 untuk tingkat PAUD sebesar Rp1,3 miliar, untuk jenjang pendidikan SD sebesar Rp16,9 miliar dan untuk jenjang pendidikan SMP sebesar Rp9,3 miliar.

“Total alokasi DAK untuk tahun 2022 ini adalah berjumlah Rp27,5 miliar,” tuturnya.

Sementara itu, untuk jumlah gedung yang dibangun dan direhabilitasi pada tingkat PAUD yaitu pembangunan ruang UKS sebanyak 7 ruangan untuk 7 PAUD dan pengadaan alat permainan edukasi sebanyak 14 paket untuk 14 PAUD di Kota Kendari.

Selanjutnya jenjang SD, rehabilitasi ruang sekolah sebanyak 29 ruang untuk tujuh sekolah dan rehabilitasi ruang perpustakaan sebanyak 10 ruang untuk 10 sekolah.

Pembangunan toilet atau jamban sebanyak 4 unit untuk 4 sekolah dan pembangunan ruang laboratorium komputer untuk sembilan sekolah serta pengadaan peralatan Teknologi Informasi atau TIK sebanyak 65 paket untuk 65 sekolah.

Sementara itu pembangunan dan rehabilitasi di jenjang SMP sebanyak 18 ruang untuk empat sekolah dan rehabilitasi ruang perpustakaan serta rehabilitasi laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA, pengadaan ruang laboratorium IPA Biologi dan Fisika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *