Kasad TNI AD Dianugerahi Gelar Kehormatan Kesultanan Buton

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI Jenderal Dudung Abdurrahman menerima piagam penghargaan dari Kesultanan Buton dan gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton, Senin (7/1). foto istimewa

CEKFAKTA.CO.ID,. SULAWESI TENGGARA – Dalam kunjungan kerja (Kunker) ke Sulawesi Tenggara (Sultra), Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachmad dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton “Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara”.

Penganugerahan itu diberikan oleh Lembaga Adat Kesultanan Buton dalam acara silaturahmi Kasad dengan Forkopimda dan masyarakat Sultra, di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Senin (7/1/2023).

Dalam penganugerahan gelar tersebut, Jenderal TNI Dr Dudung mengenakan baju adat Kesultanan Buton yang didominasi warna hitam. Sebelum disematkan peci dan tongkat.

Perwakilan Kesultanan Buton Laode Muhammad Arsal menjelaskan secara singkat, makna gelar Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara bahwa gelar jabatan adat yang diberikan kepada seseorang golongan bangsawan Buton dan diberikan tugas memimpin dan membina prajurit, menjaga, melindungi, mengawasi, serta mempertahankan kedaulatan teritorial dan keutuhan wilayah darat negara kesultanan Buton.

“Dan menjadi sosok pemimpin yang kuat dan tangguh sangat berpengaruh, penuh wibawa, memiliki integritas yang tinggi dalam membina dan menghadapi ancaman dan gangguan,” kata Laode Muhammad Arsal

Usai dianugerahi gelar kehormatan adat tersebut, Kasad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sultan Buton dan seluruh perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton atas kepercayaan yang luar biasa kepada dirinya untuk menyandang gelar Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara.

Turut hadir Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachmad beserta rombongan, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Forkopimda Sultra, Ketua DPRD Sultra, Para Kepala Dinas Lingkup Pemprov Sultra dan para Kepala Biro Sultra, Kesultanan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa dan Laode Muhammad Arsal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *