Pertama Kalinya, LSP Gelar Sertifikasi Terapis SPA di Baubau

Foto bersama

CEKFAKTA.CO.ID,. BAUBAU – Puluhan terapis spa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sertifikasi uji kompetensi sektor pariwisata bidang spa oleh Lembaga Sertifikasi Spa (LSP) PT Global Wahana Tirta Lembaga Sertifikasi Pariwisata yang menghadirkan empat orang asesor Spa Nasional, Jumat (21/10/22).

Sebelum sertifikasi uji kompetensi dilakukan, oleh tim penyelenggara yakni Lembaga Sertifikasi Profesi Spa Nasional, dimulai dengan acara pembukaan terlebih dahulu yang dihadiri langsung Kadis Pariwisata kota Baubau Muh.Idrus Taufik Saidi didampingi pemilik Roemah Spa Yulia Widiarti beserta Ketua DPD HPI Sultra Femiyanti Darma Kamang.

Iklan Muna

Terkait kegiatan fasilitasi sertifikasi uji kompetensi sektor Pariwisata bidang Spa tersebut, Ketua LSP Spa Nasional, Dr.M Asyhadi S.E,M.PD menerangkan acara tersebut bertujuan agar peserta memiliki sertifikasi pada profesi mereka.

“Apabila mereka (terapis  spa) memiliki sertifikasi maka akan mendapatkan pengakuan secara nasional bahwa mereka adalah tenaga kerja profesional dan memiliki kompetensi yang sesuai standar nasional,” kata dia

Bahkan disampaikan olehnya, dengan uji sertifikasi tersebut, maka tenaga kerja pun akan diakui pada industri spa.

Istimewanya pula, sertifikasi itu berlaku untuk luar negeri,” ungkapnya

Sementara itu Ketua DPD HPI Sultra Femiyanti Darma Kamang menambahkan, fungsi dari kegiatan sertifikasi Spa ini, begitu banyak benefitnya. Diantaranya ialah industri yang memiliki tenaga kerja bersertifikasi kompetensi akan mengurangi resiko komplain oleh pelanggan.

Hal itu karena standar kualitas tenaga kerja atau terapisnya terjamin.Dalam penyelenggaraan tersebut, peserta diarahkan untuk membuktikan kemampuan mereka.

Khususnya apa yang telah mereka pelajari atau terapkan pada industri masing-masing,” jelas Femiyanti Darma

Peserta kegiatan ditargetkan 50 orang dan dibagi menjadi dua sesi pertemuan berupa ujian tertulis dan praktek langsung dibawah bimbingan Asesor.

Dengan program Sertifikasi Kompetensi Kerja ini maka kita bisa pastikan kualitas pelayanan sudah sesuai dengan standar kompetensi sehingga dapat menunjang kesuksesan pariwisata yang ada di kota Baubau sebagai daerah transit dan tujuan pariwisata dengan Icon Benteng terluas di dunia. Tutupnya

Kegiatan Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Spa tersebut dimulai sejak 20 hingga 22 Oktober 2022.

Kegiatan uji sertifikasi  spa itu diselenggarakan atas kerjasama LSP Spa Nasional dan Dewan Pengurus Daerah (DPD )Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sultra serta Roemah Spa Baubau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *