Usai Dikukuhkan jadi Ketum, Hasni Hamiruddin Siap Jalankan Program Wanita Islam Wakatobi

Ketua Umum Daerah Wanita Wakatobi Hj Hasni Hamiruddin memberi sambutan usai dilantik.

CEKFAKTA.CO.ID., WAKATOBI – Hasni Hamiruddin, istri Ketua DPRD Wakatobi, dikukuhkan menjadi Ketua Umum (Ketum) Daerah Wanita Islam Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2022-2027, di Wangi-Wangi, Minggu (16/10/2022).

Pengukuhan itu dilakukan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Wanita Islam, Marfuah Musthofa. Disaksikan langsung oleh Tenaga ahli utama kantor staf presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. Ketua DPRD Wakatobi Hamiruddin. Wakil ketua II DPRD Wakatobi La Ode Nasrullah. Serta, sejumlah anggota dewan dan ratusan pengurus daerah wanita Islam.

Iklan Muna

Ketua umum pimpinan daerah Wanita Islam Kabupaten Wakatobi, Hasni Hamiruddin mengatakan bahwa pelantikan itu merupakan salah satu wujud komitmen dalam mengokohkan eksistensi organisasi wanita islam di Wakatobi.

“Wanita islam Insyaa Allah akan menjadi wadah bagi kaum wanita Wakatobi dalam menjalin ukhuwah islamiyah, ikut menyuburkan syiar islam serta menjadi sarana dalam meningkatkan kompetensi diri baik sebagai seorang perempuan, istri maupun sebagai ibu yang menjadi madrasah pertama bagi anak anaknya serta menjadi pendidik pertama dan utama dalam keluarga, dengan meningkatnya kualitas diri kaum wanita Wakatobi,” katanya

Hasni Hamiruddin menuturkan telah menyiapkan beberapa program yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perempuan saat ini di antaranya, memasyarakatkan gerakan waqaf di semua jenjang.

Usai pelantikan, Ketua Umum Daerah Wanita Islam Wakatobi ini tancap gas melaksanakan pameran produk UMKM dan launching bunda waqaf sekaligus praktek wajah uang lewat sistim digitalisasi waqaf, serta seminar dengan tema UMKM perempuan kuat ekonomi, bangkit, keluarga Indonesia sejahtera.

Sementara, Ketua umum pimpinan pusat wanita Islam Marfuah Musthofa mengungkapkan, waqaf akan menjadi kekuatan besar umat islam jika di lakukan bersama-sama.

Menurut dia, Kementerian Keuangan telah menawarkan untuk membuatkan suku khusus Wanita Islam.

Kata dia, program waqaf wanita islam ini di programkan dalam bentuk digitalisasi. Sebab, semua manusia di Indonesia hampir sudah memiliki handphone.

“Maka di situlah kita bisa kembangkan ekonomi dan waqaf kita,” tuturnya.

Bangun TPQ, Dorong UMKM di Desa dan Pendampingan Bagi Remaja Pra Nikah

Selain itu, sambung dia, pihaknya akan mendirikan rumah quran yang mana didalamnya akan menjadi sarana belajar alquran dan ilmu agama bagi kaum perempuan, termaksud pembinaan dan penguatan Taman Pendidikan Alquran (TPQ).

“Dimana saat ini beberapa TPQ telah kami rintis semoga kedepannya akan bertambah jumlahnya.” paparnya

Lanjutnya, ada juga program pemberdayaan perempuan dengan mendorong satu desa satu UMKM baru yang akan tumbuh dan mendapatkan pendampingan dari wanita islam.

“Sebagai informasi dari 20 produk UMKM di 10 desa di Wakatobi, yang dimana sebelumnya mereka adalah pelaku home industri yang masih tradisional kemudian kami dampingi hingga produk mereka bisa lebih kreatif dan bernilai jual tinggi,” terangnya

Ketua Umum Daerah Wanita Islam Kabupaten Wakatobi Hj Hasni Hamiruddin saat dilantik Oleh Marfuah Musthofa, di Wangi-Wangi, Minggu (16/10/2022).

Kata dia, pengurus daerah wanita Islam Wakatobi juga memprogram pendidikan pranikah bagi remaja yang sudah memasuki usia pranikah sebagai bentuk tindakan pencegahan perkawinan anak serta mempersiapkan pasangan calon pengantin agar memiliki kesiapan dan kematangan yang memadai dalam menjadi orang tua.

Hal ini untuk memastikan agar program wanita Islam Kabupaten Wakatobi bisa berjalan dengan lancar.

Pihaknya juga telah menjalin kemitraan dengan beberapa unsur organisasi masyarakat antara lain WINULU/arus hijrah yang meliputi segmen milenial atau pemuda dalam syiar dan dakwah.

Sementara dalam program pendampingan UMKM, kata dia, pihaknya juga telah bermitra dengan sebuah lembaga kursus dan pelatihan Wowine Wakatobi Kreatif (W2K) yang banyak konsen pada pemberdayaan perempuan kepala keluarga (PEKKA),

Dia berharapan kedepan akan lebih banyak lagi ormas maupun lembaga masyarakat lainnya yang mau bermitra dengan wanita islam Wakatobi.

“Tidak lupa pula pada kesempatan yang berharga ini kami sangat mengharapkan perhatian dan dukungan baik moril maupun materil dari pimpinan pusat maupun pimpinan wilayah wanita islam dalam upaya merealisasikan program program kerja kami,” ucapnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *