Sejahterakan Anggota, Korem 143/HO Gandeng Bank Mantap dan BLK Kendari

Kegiatan sosialisasi dan pembekalan kewirausahaan dan kemandirian personel TNI AD

CEKFAKTA.CO.ID., KENDARI – Selaras dengan kebijakan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurrachman untuk tingkatkan kesejahteraan anggota (prajurit & PNS TNI AD), Korem 143/HO gandeng Bank Mandiri Taspen (Mantap) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari.

Hal ini dikatakan oleh Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Senin (20/12/2021).

Iklan Muna

Dijelaskan Rusmin, kegiatan sosialisasi dan pembekalan kewirausahaan dan kemandirian personel TNI AD yang digelar di Gedung Jenderal Sudirman Korem 143/HO ditujukkan untuk mempersiapkan personel TNI AD yang ada di wilayah Sultra dalam menghadapi masa pensiun.
“Kegiatan yang juga di hadiri Kepala BLK Kendari (Dr. La Ode Haji Polondu, M.Pd), para Dandim dan Danyon serta personel yang berada di Kolaka, Muna, Buton, Butur dan Konsel secara virtual),”ujar Rusmin.

Semula, lanjutnya, akan dibuka oleh Danrem 143/HO (Brigjen TNI Jannie A. SIahaan), namun karena ada kegiatan mendadak di Polda Sultra maka kegiatan dipimpin oleh Kasrem, Kol Inf Tri Rana Subekti.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Kasad dalam hal peningkatan kesejahteraan personel TNI AD, khususnya bagi mereka yang akan memasuki masa pensiun serta meningkatkan peran Koperasi satuan jajaran TNI AD,” ujar Rusmin.

“Kita gandeng BLK Kendari untuk peningkatan keterampilannya dan setelah itu bersama Bank Mandiri Taspen untuk pemodalan dan pendampingan kewirausahaan. Kali ini diselenggarakan ditingkat Korem dan nantinya dikembangkan di daerah bersama Bank Mantap dan BLK setempat,”tandasnya.

Sementara itu,Kepala Bank Mantap Sultra Harry Agustama sampaikan bahwa pihaknya mendorong pensiunan TNI maupun purnabakti PNS untuk bisa mandiri melalui program kewirausahaan yang dikelola mereka.

“Bank Mantap kerjasama dengan ASABRI termasuk supplier bahan sembako seperti Indo grosir untuk membantu para peserta program untuk bisa mandiri dengan membuat toko Sembako maupun bidang usaha lainnya” ujar Harry.

Di program kami saat ini, lanjutnya, telah menyiapkan 10 program wirausaha dan memang yang terlihat sederhana dan menguntungkan yaitu melalui usaha toko sembako yang bahannya di suplai dari Indogrosir. Saat ini masih di wilayah Kendari namun kedepannya akan dibuka juga gudang Indogrosir di Kolaka dan Bau Bau.

“Bagi mereka yang belum ada Indogrosir nanti bisa dikembangkan usaha lainnya seperti budidaya lele, jamur tiram maupun lainnya yang tentunya nanti akan didampingi hingga berhasil dan termasuk hasilnya pun nanti kita kerjasamakan dengan penerima hasil,”tegas dia.

Masih ditempat yang sama, Kepala BLK Kendari menyambut baik program kesejahteraan yang tengah dijalankan Korem 143/HO dan dirinya membuka ruang untuk menyelenggarakan program pelatihan keterampilan bagi personel Korem 143/HO.

“Saat ini kami memang melatih para pemuda yang masuk dalam usia produktif dan belum punya keterampilan dan rencana yang dijalankan Korem 143 ini bagus karena mereka yang akan masuk usia pensiun bisa diberdayakan dalam program wira usaha,”ungkap La Ode Polondu.

“Ke depan BLK dan Korem bisa membangun MOU termasuk dengan Pemprov Sultra karena ini juga berkaitan dengan program yang menjadi prioritas Gubernur, yaitu Pak Ali Mazi, ‘pungkasnya.

Wartawan : Ismith

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *