Raih Akreditasi Paripurna, RSUD Bahteramas Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Direktur RSUD Bahteramas, Dr. H. Hasmudin, Sp.B

CEKFAKTA.CO.ID,. SULAWESI TENGGARA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahtermas merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal tersebut dibuktikan dengan capaian-capaian yang telah diraih oleh RSUD tersebut.

Salah satu capaian terbaik RSUD Bahteramas adalah dengan mendapatkan Akreditasi Paripurna (Predikat bintang lima) dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada 2016 lalu.

Iklan Muna

Peningkatan mutu pelayanan menjadi salah satu poin penting dari penilian KARS terhadap rumah sakit tersebut.

“Ini merupakan suatu penghargaan luar biasa atas usaha teman-teman disini, baik dokter, paramedis maupun non medis. Ini juga merupakan suatu tingkat tertinggi dalam bidang rumah sakit”, kata Direktur RSUD Bahteramas, Dr. H. Hasmudin, Sp.B saat ditemui di ruangnya. Sabtu (6/11/2021).

Hasmudin juga memaparkan, pencapaian akreditasi tingkat paripurna merupakan salah satu langkah rumah sakit Bahteramas untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih lagi bagi masyarakat.

“Akreditasi paripurna ini tidak semua rumah sakit dapat. Di Sultra hanya rumah sakit bahteramas yang dapat predikat bintang lima, yang lain ada yang bintang dua dan bintang satu”, ujarnya.

Akreditasi Paripurna (Bintang lima) RSUD Bahteramas

Selain itu, lanjut Hasmudin, RSUD Bahteramas merupakan rumah sakit pusat rujukan di wilayah Sulawesi Tenggara dan juga rumah sakit Pendidikan kelas B serta berfungsi sebagai Rumah Sakit Pendidikan bagi dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

Dia juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu tenaga kesehatan di rumah sakit bahteramas mendapat apresiasi dari PT Pegadaian (Persero) berupa kepingan emas 0,9 gram dan 0,1 gram.

Apresiasi tersebut sebagai bentuk kepedulian PT Pegadaian kepada tenaga kesehatan yang telah bekerja keras dalam penanganan Covid-19.

“Pelayanan itu kan sudah menjadi tugas kami tanpa mengharapkan imbalan, adapun penghargaan dari pegadaian kemarin kami diberikan hadiah buat teman-teman perawat berupa simpati mereka bahwa kelehahan mereka dihargai dalam masa covid kemarin karena telah banyak menolong pasien”, ucapnya.

RSUD Bahteramas

Di rumah sakit bahteramas, lanjut Hasmudin, hampir semua subdivisi ilmu kedokteran telah ada, salah satunya Medical Check Up (MCU) yang biasa dilakukan oleh dokter umum.

“Disitu biasanya untuk mengambil surat keterangan sehat atau sakit. Disitu memang diperiksa oleh dokter umum dulu, baik laboratorium atau radiologi”, lanjutnya.

“Kalau seandainya dari hasil itu didapat sesuatu yang perlu rujuk atau dikonsul sama ahli, baru dilakukan konsul”, tandasnya.

Wartawan: Yusrif Aryansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *