Ratusan Peserta Ikuti Seminar Lembaga Kesenian Tradisional Dikbud Sultra

Seminar Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Lembaga Kesenian Tradisional disalah satu hotel di kota Kendari. Rabu, (3/11/2021)

CEKFAKTA.CO.ID., SULAWESI TENGGARA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan seminar Seminar Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Lembaga Kesenian Tradisional disalah satu hotel di kota Kendari. Rabu, (3/11/2021).

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 140 peserta yang terdiri dari unsur Dikbud kabupaten/kota, guru seni SMA/SMK se kota Kendari serta sanggar seni yang juga berasal dari kabupten/kota se Sultra.

Iklan Muna

“Sukur Alhamdulillah, kegiatannya berjalan dengan baik”, kata Kapala Seksi (Kasi) Kebudayaan Dikbud Sultra, Sry Nurmina Sari.

Kapala Seksi Kebudayaan Dikbud Sultra, Sry Nurmina Sari

Sry melanjutkan, selain dihadiri langsung oleh Kadis Dikbud Sultra Asrun Lio, pihaknya juga mengundang narasumber dari pusat dan daerah, diantaranya ketua Dewan Kesenian Jakarta Akni Ariatma dan Drs. Ahir Hidayat, M.Hum.

“Seminar peningkatan kapasitas tata kelola lembaga kesenian tradisional ini baru pertama kali digelar untuk tingkat provinsi di Sultra”, ungkapnya.

“Tujuannya kami mengadakan kegiatan seminar kapasitas tata kelola ini agar dapat bisa mengetahui serta mendapat ilmu dari pusat dan daerah terkait dengan kesenian”, ujar Sry

Ketua II Dewan Kesenian Jakarta, Agni Ariatama ( Tengah ) bersama rombongan saat menghadiri seminar Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Lembaga Kesenian Tradisional

Dalam seminar itu juga, kata Sry, ditampilkan berbagai kesenian tradisional Sultra.

“Tentu dengan kesenian seperti ini secara otomatis kita sudah memperkenalkan pada publik terutama pada rombongan dari Jakarta”, katanya

“Acaranya hidup karena ada sesi tanya jawab terkait lembaga seni,” lanjutnya

Selain itu, tambahnya, banyak saran dan masukan dari peserta untuk meningkatkan lembaga kesenian di Sultra.

Dirinya berharap seminar kesenian ini menjadi kegiatan tahunan, agar dapat mengakomodir semua saran dan masukan.

“Alhamdulillah, antusias peserta sangat baik sehingga kegiatan seminar ini dapat terlaksana dengan baik”, pungkasnya.

Wartawan: Yusrif Aryansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *