Asrun Lio: Dikbud Sultra Punya Kewajiban Tumbuh Kembangkan Budaya Daerah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara

CEKFAKTA.CO.ID – SULAWESI TENGGARA – Sebanyak 16 grup dari sekolah tingkat atas (SMA/SMK) mengikuti lomba lagu dan gerak seni Garbarata yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra). Jumat (22/10).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kadis Dikbud Sultra, Drs. Asrun Lio, M.Hum, P.hD. Dalam sambutannya, Asrun menyampaikan bahwa Dikbud mempunyai kewajiban untuk menumbuh kembangkan budaya daerah.

“Wajar jika sekolah tingkat atas harus mensosialisasikan seni budayanya, tanpa mengurangi nilai estetika dari Garbarata”, ujar Ketua IKA Unhas itu.

“Makanya jika ada sekolah tingkat atas yang tidak ikut serta dalam kegiatan ini, harus dipertanyakan dan dievaluasi”, lanjutnya.

Lomba lagu dan gerak seni Garbarata

Dia juga mengatakan, lomba lagu dan gerak seni Garbarata tersebut masuk dalam salah satu program prioritas Dikbud Sultra.

“Sesuai dengan visi misi pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra yakni, Sultra Beriman dan Berbudaya maka kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun”, kata dia.

Sementara itu, Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra La Udin menjelaskan bahwa lomba lagu dan gerak seni Garbarata juga bertujuan untuk kebugaran dan kebersamaan.

“Lomba ini dalam rangka memperkenalkan dan melestarikan budaya kepada masyarakat Sultra”, terangnya.

Ketua Panitia, Suhandi menambahkan, dalam kegiatan itu, panitia menyiapkan untuk hadiah berupa uang pembinaan sejumlah Rp.25 juta serta piagam penghargaan.

“Tujuan kegiatan ini untuk melestarikan budaya sebagai warisan daerah yang harus diketahui terutama generasi millenial”, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.