Breaking News: Gempabumi Guncang Wilayah Butur

BMKG Shakemap. Sumber: http://www.bmkg.go.id/

CEKFAKTA.CO.ID,. SULAWESI TENGGARA – Di sebelah Timur Laut Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara (Butur) diguncang gempabumi tektonik. Dari hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan informasi bahwa gempa tersebut berkekuatan M=3,9. Kamis (21/10/2021) pukul 14.29 Wita.

Episenter gempabumi terletak pada koordinator 4,51 LS, 123.35 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 25.3 BT

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Hamilton di TimurLaut Kulisusu Utara, Butur.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kulisusu Utara dengan Intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Getaran terasa seakan akan ada truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Dari hasil monitoring BMKG, hingga pukul 16.10 Wita menunjukan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, ST mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah”, kata Rudin.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Laporan : TIM

URL List

Komentar