Titik Terang Jabatan Wabup Koltim

CEKFAKTA.CO.ID,. SULAWESI TENGGARA – Pengisian jabatan Wakil Bupati (Wabup) Kolaka Timur (Koltim) sisa antar waktu masa jabatan 2021-2024 bisa dilaksanakan pada tahun ini. Semua itu tergantung terhadap komitmen dan kesungguhan DPRD Koltim dan koalisi partai politik pengusung Samsul-Meri.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra), Gunaryo, S.Sos dalam rilis persnya di Jakarta, Jumat (15/10)

Politisi PDI Perjuangan Dapil Kolaka Raya ini menjelaskan bahwa dirinya bersama pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Sultra kemarin (14/10) telah melaksanakan konsultasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, yang diterima langsung oleh Dr. Saydiman Marto, S. Stp,. M.Si Kasubdit Wilayah Sultra Kemendagri selama 2 (dua) jam.

Kata dia, konsultasi tersebut dengan agenda tunggal pengisian atau pemilihan Wabup Koltim pengganti antar waktu.

Selain dirinya, kinjungan itu juga dihadiri oleh H. Bustam, Nurlin Surunuddin, Nur Sinapoy, Ali Mardan.

“Ada juga Ketua Fraksi PAN, PDIP, Demokrat dan Gerindra, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi”, jelas Gunaryo.

Alumni Fisip UHO ini juga menjelaskan, dari hasil konsultasi mereka dengan Kemendagri disimpulkan bahwa pengisian jabatan Wabup Koltim bisa segera dilaksanakan. Dengan catatan piihak DPRD Koltim segera membentuk Pansus/Panlih.

“Yang lalu bisa segera meminta nama-nama calon Wakil Bupati melalui Bupati Andi Meri atau bila sudah ada Penjabat (PJ) Bupati. Bupati atau Pj Bupati tidak bisa menahan-nahan surat terebut, bila terjadi maka pihak Kemendagri bisa mengambil alih”, tegasnya.

Selanjutnya Gunaryo menyatakan bila koalisi 4 (empat) Parpol Pengusung sudah menerima surat dimaksud agar segera menyampaikan dua nama calon Wakil Bupatinya untuk dipilih oleh seluruh Anggota DPRD Kolaka Timur.

“Jadi calonnya tidak bisa kurang atau lebih dari dua orang”, urainya.

Sebagai Pengurus PDI Perjuangan Sultra, Gunaryo memastikan Partainya sudah punya calon yang akan diusung. Tinggal terpulang kepada 3 (tiga) Partai lainnya yaitu Demokrat, PAN, dan Gerindra.

“Tapi saya yakin mereka juga sudah siapkan”, tambah Goen sapaan akrabnya

Goen mengimbau kepada seluruh masyarakat Kolaka Timur untuk tetap tenang dan menjaga kondusivitas daerah. Ia juga meminta penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan tetap berlangsung sebagaimana biasanya.

“Tenang saja, Pemerintahan Presiden Jokowi, Gubernur Ali Mazi dan Wagub Lukman, serta Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh dan segenap stake holder yang terlibat punya komitmen yang sama untuk menyegerakan Pemilihan ini, supaya Koltim bisa kembali punya Wabup definitif”, tutupnya.

Laporan : YUSRIF

URL List

Komentar